Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Kapan Waktu Tepat Mulai Mengajarkan Anak Menggunakan Pasta Gigi?

supaya lebiih mudah dalam mengajarkan anak menyikat gigi biarkan anak memilih rasa pasta gigi yang disuka termasuk sikat giginya

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Kapan Waktu Tepat Mulai Mengajarkan Anak Menggunakan Pasta Gigi?
freepik.com/drobotdean
Ilustrasi anak sikat gigi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mengajarkan anak menyikat gigi bisa dilakukan sejak usia dini mulai dengan membersihkan gigi anak dengan kasa yang dibasahi dengan air panas.

Saat ini juga ada produk sikat gigi mini yang bisa jadi pengganti kasa dan kemudian saat anak sudah bisa menggegam anak sudah bisa menyikat gigi dengan tangannya tentu dengan pengawaan orang tua.

Ketika sudah bisa mengikuti instruksi dan anak mengerti berkumur, menurut drg. Tritania Ambarwati itulah waktu yang pas untuk mengajarkan menyikat gigi dengan tambahan pasta gigi.

"Tidak ada batasan waktu asal anak bisa berkumur boleh diberikan pasta gigi, karena jangan sampai pasta gigi ditelan," kata drg. Tritania saat live bersama @rsjasakartini, Jumat (7/8/2020).

Kemudian, supaya lebiih mudah dalam mengajarkan anak menyikat gigi biarkan anak memilih rasa pasta gigi yang disuka termasuk sikat giginya.

"Anak-anak kan kalau dia yang pilih sendiri, dia yang suka jadi membuat anak mau sikat gigi," ungkap drg. Tritania.

BERITA TERKAIT

Drg. Tritania juga mengingatkan timbulkan suasana yang menyenangkan saat belajar menyikat gigi dan memaksakan anak sikat gigi saat sedang tidak mau.

Paling mudah dengan orang tua menyikat gigi terlebih dulu dan anak kemudian melihat, sehingga anak mau mencontoh apa yang dilakukan ibu dan ayahnya.

"Jangan maksa tapi contohin orangtua sikat giginya gini, timbulkan suasana menyenangkan, ceritakan kalau gak mau sikat gigi bahayanha nanti gigi gimana," pungkas dr. Tritania.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas