Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Susu Kental Manis di Resep Roti Panggang Ala Korea, Mudah!

Susu kental manis dalam resep roti panggang ala Korea, berasa kayak jajanan di K-Drama! Yuk, coba resep mudah roti panggang susu kental manis berikut!

Penulis: Nurfina Fitri Melina
Editor: Bardjan
zoom-in Susu Kental Manis di Resep Roti Panggang Ala Korea, Mudah!
Shutterstock
Roti panggang ala Korea (Gilgeori toast) yang makin lezat berkat susu kental manis di dalamnya. 

TRIBUNNEWS.COM - Susu kental manis menjadi bahan serbaguna yang melengkapi berbagai kreasi menu sarapan. Dengan menambahkan susu kental manis, sajian sarapan yang kamu buat tentu akan menjadi lebih gurih dan nikmat.

Tak hanya untuk kreasi sarapan nusantara, susu kental manis juga bisa melengkapi resep menu sarapan mancanegara, lho! Salah satu yang bisa dicoba adalah roti panggang ala Korea atau gilgeori toast dengan susu kental manis.

Bagi kamu penggemar drama atau musik Korea tentu kurang lengkap jika tidak mencicipi hidangan khas Korea yang satu ini. Sandwich khas dari negeri Gingseng ini berisi telur dadar dengan sayuran yang ditambah dengan lapisan smoked beef serta dilengkapi olesan mayonaise, saus tomat, hingga susu kental manis.

Selain nikmat, pastinya Korean toast yang satu ini juga menjadi menu sarapan sehat yang mengenyangkan, bukan? Nah, biasanya, sandwich telur ini bisa kamu dapatkan di pedagang street food Korea, bakery dan juga kedai kopi.

Namun, daripada membelinya, kali ini, yuk coba bikin sendiri di rumah! Apalagi, resep gilgeori toast juga sangat mudah dibuat serta susu kental manis sebagai pelengkap pun merupakan bahan yang mudah didapatkan di mana saja.

Selain mudah ditemukan, susu kental manis juga tersedia dengan berbagai variasi ukuran dan kemasan sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Ditambah lagi jika kamu memilih susu kental manis berlabel kemasan full cream yang terbuat dari susu segar, tentu rasa gilgeori toast buatanmu semakin gurih dan creamy.

Sejarah dan manfaat susu kental manis

BERITA REKOMENDASI

Sebelum mencoba resep roti panggang ala orang Korea, tahukah kamu bahwa yang akan menjadi bahan pelengkap resep buatanmu, ternyata sudah dikenal lebih dari seratus tahun?

Dilansir dari Kompas.com, sejarawan makanan Universitas Padjajaran, Fadly Rahman mengungkapkan bahwa susu kental manis mulai muncul pada awal abad ke-19 di mana belum adanya teknologi pendingin.

Kehadiran susu kental manis saat itu pun menjadi solusi dari permasalahan susu segar yang cepat basi dan mudah rusak sehingga bahaya untuk dikonsumsi.

Fadly menjelaskan, susu kental manis mulai diperkenalkan kepada masyarakat tepatnya 31 Januari 1851 oleh seorang pria asal Amerika Serikat, yaitu Gail Borden. Ia memperkenalkan alat yang mampu membuat susu mengental dan mudah dikonsumsi dalam kondisi apapun.

Dalam panci hampa udara temuan Borden, susu direbus pada suhu di atas 100 derajat Celcius hingga akhirnya menjadi kental, terasa nikmat, dan yang penting bisa diminum dalam jangka waktu lama.

Baca juga: Susu Kental Manis dan 3 Fakta Menarik yang Wajib Kamu Tahu

Ilustrasi Susu kental manis yang membuat Roti panggang ala Korea (Gilgeori toast) jadi terasa lezat.
Ilustrasi Susu kental manis yang membuat Roti panggang ala Korea (Gilgeori toast) jadi terasa lezat. (Shutterstock)

Seiring perkembangan zaman, susu kental manis pun menyebar ke berbagai negara termasuk Indonesia. Puncaknya adalah ketika salah satu merek susu kental manis populer yang dipasarkan di Belanda sejak 1871, mulai hadir di Indonesia pada tahun 1922.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas