Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Lifestyle

Bangun Kebiasaan Sehat dari keluarga, Orangtua dan Anak Bisa Olahraga Bareng, Ini Manfaatnya

Berolahraga bersama sebagai satu keluarga dapat membantu anak-anak dan orang tua memenuhi target aktivitas harian yang direkomendasikan

Penulis: Willem Jonata
Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Bangun Kebiasaan Sehat dari keluarga, Orangtua dan Anak Bisa Olahraga Bareng, Ini Manfaatnya
dok Tribunnews.com
Olah raga jalan kaki - - Satu di antara cara mempertahankan gaya hidup sehat, yakni berolahraga. Sebab, rutin berolahraga dapat membantu membangun dan menjaga kesehatan tulang, otot, dan persendian 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Willem Jonata

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Satu di antara cara mempertahankan gaya hidup sehat, yakni berolahraga.

Sebab, rutin berolahraga dapat membantu membangun dan menjaga kesehatan tulang, otot, dan persendian.

Selain itu, membantu menjaga indeks massa tubuh yang sehat, serta mengurangi risiko diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung di kemudian hari. 

Dan alangkah baiknya jika membangun kebiasaan berolahraga dibangun sejak usia dini. Peran orang tua sangat penting membangun kebiasaan tersebut.

Menurut American Academy of Pediatrics, orang dewasa harus melakukan setidaknya 150 menit aktivitas fisik intensitas sedang  dalam sepekan.

Baca juga: Masalah Kesehatan yang Dipicu Olah Raga Berlebihan

Sementara anak-anak usia 6-17 tahun harus melakukan 60 menit aktivitas fisik sedang hingga berat setiap hari.

BERITA TERKAIT

Jadi, berolahraga bersama sebagai satu keluarga dapat membantu anak-anak dan orang tua memenuhi target aktivitas harian yang direkomendasikan. Itu juga merupakan cara yang bagus untuk menghabiskan waktu bersama, baik di pusat kebugaran, berenang, bersepeda, berolahraga, atau aktivitas menyenangkan lainnya.

Berikut adalah beberapa manfaat beraktivitas fisik bersama keluarga:

1. Memperkuat ikatan antara orang tua dan anak

Penelitian telah menunjukkan bahwa menghabiskan waktu berkualitas bersama sebagai keluarga dapat meningkatkan hubungan orang tua-anak dan meningkatkan rasa memiliki, mendukung komunikasi, dan meningkatkan keterampilan sosial.

Pada sebuah studi yang dipublikasikan American Journal of Health Promotion menunjukkan interaksi harian yang bermakna berkontribusi pada banyak hasil positif termasuk rasa kesepian yang lebih rendah, hubungan dan kehidupan keluarga yang baik, selain kesehatan fisik dan mental.

2. Membangun kebiasaan sehat

Menjadikan aktivitas fisik sebagai prioritas keluarga sejak dini menciptakan fondasi yang kuat untuk kesehatan seumur hidup, seperti dikutip American Academy of Pediatrics.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas