Tribun

Pemilu 2024

Bawaslu Buka Pintu untuk Bagi Mahasiswa Indonesia di Luar Negeri Jadi Pengawas Pemilu 2024

Bawaslu RI mengajak mahasiswa Indonesia di luar negeri untuk bisa berpartisipasi sebagai pengawas Pemilu Serentak 2024.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Bawaslu Buka Pintu untuk Bagi Mahasiswa Indonesia di Luar Negeri Jadi Pengawas Pemilu 2024
TRIBUNNEWS/JEPRIMA
Ketua Bawaslu, Rahmat Bagja (ketiga kiri) didampingi Sekjen Bawaslu, Gunawan Suswantoro, Anggota Bawaslu, Herwyn JH Malonda, Lolly Suhenty, dan Totok Hariyono menekan tombol saat seremoni apel siaga pengawasan Pemilu 2024 serentak se-Indonesia di Jakarta, Selasa (14/6/2022). Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka pemantapan kesiapan jajaran pengawas pemilu menghadapi pelaksanaan setiap tahapan Pemilu 2024. Tribunnews/Jeprima 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI mengajak mahasiswa Indonesia di luar negeri untuk bisa berpartisipasi sebagai pengawas Pemilu Serentak 2024.

Anggota Bawaslu RI Totok Hariyono menyampaikan mahasiswa Indonesia di luar negeri merupakan mitra strategis sebagai pengawas dan pencegah terjadinya pelanggaran dalam pesta demokrasi mendatang.

"Bawaslu terus berupaya meningkatkan partisipasi mahasiswa untuk ikut dalam pengawasan pemilu atau sebagai mitra strategis Bawaslu, guna melakukan pencegahan terjadinya pelanggaran pemilu," kata Totok dalam diskusi daring, ditulis Jumat (16/9/2022).

Ia mengatakan, aktifnya mahasiswa melaporkan setiap dugaan pelanggaran berpengaruh pada kualitas keadilan dalam pemilu.

Adapun mahasiswa Indonesia di luar negeri bisa berpartisipasi dengan menjadi bagian dari pengawas pemilu luar negeri (PPLN) yang berkedudukan di kantor perwakilan Republik Indonesia.

"Bawaslu membuka pintu selebar-lebarnya bagi mahasiswa luar negeri yang ingin terlibat dalam pengawasan," terang dia.

Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas