Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Prabowo Dinilai Dapat Restu dari Presiden Jokowi Maju Pilpres 2024

Peneliti BRIN Siti Zuhro menilai Ketua Umum Partai Gerindra mendapat restu dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk maju di Pilpres 2024.

Penulis: Fersianus Waku
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Prabowo Dinilai Dapat Restu dari Presiden Jokowi Maju Pilpres 2024
Dokumentasi BPMI Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjajal kendaraan taktis bernama Maung yang dibuat oleh PT. Pindad 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fersianus Waku

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Peneliti Ahli Utama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Prof Siti Zuhro menilai Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mendapat restu dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk maju di Pilpres 2024.

Hal itu terkait pernyataan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan yang menyebut aura dari Presiden Jokowi sudah pindah ke Prabowo.

Siti menyebut pernyataan Budi memiliki kaitannya dengan Pilpres 2024, terlebih pada beberapa kesempatan Presiden Jokowi telah menyebut ciri-ciri calon presiden.

"Ungkapan tersebut tentunya terkait dengan Pilpres 2024. Dalam beberapa kesempatan Jokowi beberapa kali menyebut ciri-ciri calon presiden dan bahkan bersama dengan calon-calon yang dimaksud," kata Siti kepada wartawan, Rabu (22/3/2023).

Menurutnya, bisa saja Prabowo mendapat restu dari Presiden Jokowi dalam pencalonan presiden pada 2024 mendatang.

"Bisa saja diartikan bahwa Jokowi memberikan lampu hijau pencapresan prabowo. Karena prabowo mendapatkan 'restu' dari Jokowi, maka aura Jokowi mulai bergeser ke Prabowo," ujarnya.

BERITA TERKAIT

Dikritik NasDem

Ketua DPP Partai NasDem Effendy Choirie alias Gus Choi mengkritik keras pernyataan Budi Gunawan tersebut.

Gus Choi menegaskan BIN bukan Badan Intelijen Norak untuk memenangkan calon presiden (capres) atau partai politik tertentu.

"Kalau BIN ikut operasi politik untuk kemenangan capres tertentu, untuk partai politik tertentu dan serta merta melakukan gangguan terhadap yang lain, itu namanya Badan Intelejen Norak," kata Gus Choi kepada wartawan, Rabu (22/3/2023).

Gus Choi menyebut dirinya menyayangkan ketika lembaga-lembaga negara dipimpin oleh orang yang tidak dapat dipercaya.

"Kasihan lembaga-lembaga negara ini dipimpin manusia-manusia yang tidak sidik (tidak benar), tidak amanah (tidak dapat dipercaya), tidak tablig (tidak akuntabel) dan tidak fatonah (tidak cerdas lahir batin)," ujarnya.

Tanggapan Demokrat

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas