Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Elite PPP Sebut Perubahan Komposisi Koalisi Pilpres Masih Sangat Mungkin Terjadi

Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani memandang, perubahan komposisi koalisi untuk pilpres 2024 masih sangat mungkin terjadi.

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Elite PPP Sebut Perubahan Komposisi Koalisi Pilpres Masih Sangat Mungkin Terjadi
TRIBUNNEWS.COM/CHAERUL UMAM
Asrul Sani. Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani memandang, perubahan komposisi koalisi untuk pilpres 2024 masih sangat mungkin terjadi. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani memandang, perubahan komposisi koalisi untuk pilpres 2024 masih sangat mungkin terjadi.

Adapun saat ini sudah terbentuk 3 poros koalisi yang mendukung pencapresan Ganjar Pranowo (PDIP dan PPP), Prabowo Subianto (Gerindra, PKB, PBB, Golkar, dan PAN) dan Anies Baswedan (Nasdem, Demokrat, dan PKS).

“Kalau kita lihat sejauh ini perkembangan, maka meskipun koalisi itu mulai terbentuk, tapi belum final. Barangkali mungkin malah masih perempat final atau semi final, yang jelas belum final. Karena itu tentu perubahan komposisi koalisi itu masih sangat mungkin," kata Arsul dikutip Rabu (23/8/2023).




Hal itu disampaikan Arsul menanggapi pernyataan Ketua DPP PDIP yang membayangkan bersatunya Ganjar Pranowo dan Anies Rasyid Baswedan di pilpres 2024.

"Bahkan saya termasuk orang yang percaya di luar tiga sosok nama itu (Ganjar, Prabowo, dan Anies) bisa muncul nanti bacapres alternatif. Saya termasuk orang yang percaya," ujarnya.

Arsul menambahkan, PPP akan terus mendorong Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Unoagar bisa terpilih sebagai cawapres untuk mendampingi Ganjar Pranowo. 

“Harapannya tentu kalau sebagai orang PPP ya Pak Sandi itu akan menjadi cawapres, cawapresnya ya. Karena saat ini PPP berkoalisi dengan PDIP, ya cawapresnya Pak Ganjar, itu kan harapan kami semua juga di PPP," tandas Arsul.

Baca juga: NasDem Sebut Surya Paloh yang Pertama Kali Wacanakan Duet Ganjar-Anies di Pilpres 2024

BERITA TERKAIT

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Said Abdullah menanggapi hasil survei Litbang Kompas yang menunjukkan Ganjar masih menduduki urutan pertama sebagai elektabilitas bakal calon presiden yang tertinggi di Pilpres 2024.

Said mengaku bersyukur dengan elektabilitas Ganjar yang kembali meningkat versi Litbang Kompas. Artinya, kata dia, usaha pihaknya dalam menggalang dukungan diterima baik oleh rakyat.

"Tugas kami semua, termasuk PPP, Perindo dan Hanura solid bergerak semakin menaikkan elektabilitas Ganjar Pranowo. Kami akan terus bekerja keras mengambil hati rakyat, mengajak kompetisi sehat dengan beradu rekam jejak, dan gagasan, bukan hanya gimmick," kata Saidkepada wartawan, Senin (21/8/2023).

Dia menyatakan pihaknya tidak mau merasa jumawa karena Ganjar unggul dari Prabowo dan Anies. Apalagi, Ganjar masih kalah tipis secara head to head dengan Prabowo.

"Tentu ini akan menjadi bahan evaluasi untuk memperbaiki strategi pemenangan buat Ganjar Pranowo," jelasnya.

Di sisi lain, dia pun menganggap Anies Baswedan bukan kandidat yang bisa diremehkan meskipun berada di posisi ketiga. 

"Bagi kami, Anies Baswedan bukan kompetitor yang patut diremehkan. Beliau dengan Ganjar adalah sosok calon pemimpin yang cerdas. Keduanya sama sama dalam satu almamater, kampus terhebat di Indonesia, yakni Univ Gajah Mada," bebernya.

Baca juga: Dituding Tidak Niat Dukung Ganjar Pranowo, Begini Jawaban Gibran

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas