Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Demokrat Tak Minta Jabatan Cawapres ke Prabowo: Kami Hormati yang Gabung Lebih Dulu

Partai Demokrat sebut tak paksakan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), sebagai bakal cawapres pendamping Prabowo Subianto.

Penulis: Milani Resti Dilanggi
Editor: Suci BangunDS
zoom-in Demokrat Tak Minta Jabatan Cawapres ke Prabowo: Kami Hormati yang Gabung Lebih Dulu
ist
Kepala Badan Komunikasi Strategis (Bakomstra) Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra - Partai Demokrat sebut tak paksakan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), sebagai bakal cawapres pendamping Prabowo Subianto. 

TRIBUNNEWS.COM - Partai Demokrat telah merapat ke Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk mendukung bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto.

Juru Bicara Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra, mengatakan partainya tak meminta jabatan untuk Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping Prabowo. 

Herzaky menyatakan, Partai Demokrat menghormati partai politik lain yang sudah lebih dulu menyatakan dukungannya ke Prabowo. 

"Tidak ada pembicaraan mengenai cawapres, apalagi menawarkan atau meminta jabatan cawapres," kata Herzaky, dikutip dari Kompas.com, Kamis (20/9/2023).

"Kita menghormati teman-teman yang sudah dulu bergabung di koalisi," lanjutnya. 

Adapun sebelum Demokrat, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Gelora sudah lebih dulu menyatakan dukungan ke Prabowo Subianto.

Baca juga: VIDEO AHY & Ridwan Kamil Dicoret, Pengamat Sebut 2 Menteri Ini Berpeluang Besar Jadi Cawapres Ganjar

Herzaky mengatakan, Demokrat memilih bergabung dengan KIM lantaran memiliki sejumlah persamaan pandangan maupun visi dan misi. 

BERITA TERKAIT

Ia mengklaim, partainya mengutamakan kepentingan masyarakat luas, bukan pribadi.

"Tujuan kami ingin menang bersama Pak Prabowo untuk Indonesia yang adil dan makmur. Ini yang ditekankan Ketum AHY. People’s first," tuturnya.

Sebelumnya, Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah bertemu elite partai politik anggota KIM di kediaman Prabowo di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Minggu (17/9/2023).

Pertemuan itu, disebut-sebut sebagai pengesahan dukungan Partai Demokrat ke Prabowo di Pilpres 2024

Meski demikian, hingga saat ini Demokrat belum secara resmi mendeklarasikan dukungan tersebut. 

Ketua umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memberikan kata sambutan pada perayaan HUT ke 22 Partai Demokrat di kantor DPP Demokrat, Jakarta Pusat, Sabtu (9/9/2023). AHY mengatakan syukuran HUT Partai Demokrat sekaligus perayaan ulang tahun Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang ke-74 tahun ini digelar secara sederhana. Berbagai kegiatan lomba diantaranya lomba nasi tumpeng dan lomba melukis diadakan pada acara tersebut. Tribunnews/Jeprima
Ketua umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) . ribunnews/Jeprima (Tribunnews/JEPRIMA)

Baca juga: Paling Gemuk, Ini Kekuatan Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat dan 4 Parpol Non Parlemen Dukung Prabowo

Dukungan secara resmi akan dideklarasikan setelah partai berlambang mercy itu menggelar Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Kamis (21/9/2023) ini. 

Dalam agenda internal itu, AHY akan mengumumkan langkah politik partainya hingga deklarasi calon presiden yang akan didukung.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas