Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Yunarto Wijaya: Prabowo Pilih Gibran, Anies-Cak Imin Diuntungkan

Yunarto Wijaya menilai dipilihnya Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal cawapres Prabowo Subianto menguntungkan pasangan AMIN.

Penulis: Wahyu Gilang Putranto
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Yunarto Wijaya: Prabowo Pilih Gibran, Anies-Cak Imin Diuntungkan
KOMPASTV
Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya menilai dipilihnya Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal cawapres Prabowo Subianto justru bisa menguntungkan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN). 

TRIBUNNEWS.COM - Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya menilai dipilihnya Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal cawapres Prabowo Subianto justru bisa menguntungkan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN).

Menurut Toto, panggilan akrabnya, pemilih Prabowo yang cenderung 'anti-Jokowi' akan membelot karena Prabowo menggandeng anak Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

"Di satu sisi yang paling diuntungkan adalah pasangan AMIN. Kenapa? Basis utama pemilih Pak Prabowo itu masih dari basis pemilihnya dulu, yang notabene sebenarnya cenderung anti-Jokowi."

"Ketika kemudian secara ekstrem yang digandeng adalah sosok anaknya Jokowi, saya meyakini ada beberapa basis yang Pak Jokowi suaranya memang buruk, itu akan kabur dari Pak Prabowo dan kemudian berpindah ke Mas Anies," ungkap Toto, Sabtu (21/10/2023), dikutip dari Breaking News Kompas TV.

Selain itu, Ganjar Pranowo juga disebut Toto bisa ikut mendapat keuntungan atas dipilihnya Gibran sebagai bakal cawapres Prabowo.

"Di sisi lain, banyak pemilih dari Pak Jokowi yang tidak yakin dengan Ganjar, atau merasa tidak nyaman dengan PDI Perjuangan kita tahu."

"Tapi ketika kemudian ada kesalahan ekstrem yang merasa terganggu isu politik dinasti, yang merasa Jokowi berubah, itu tidak mungkin yang tadinya berpikir mau ke Prabowo atau Ganjar, tapi karena kekecewaan ini malah menjadi sebuah limpahan suara gratisan kepada Mas Ganjar, yang ini asumsi kualitatif yang masih perlu diuji," ungkap Toto.

Baca juga: Gibran Diusung Golkar Jadi Cawapres, Prabowo Kenang Ayahnya hingga Jenderal Sudirman

BERITA TERKAIT

Golkar Usung Gibran Jadi Cawapres Prabowo

Sebelumnya, Partai Golkar resmi mendukung Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjadi cawapres yang menjadi pendamping Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

Rapimnas Golkar digelar di Kantor DPP Golkar, Jalan Anggrek Neli, Jakarta Barat pada Sabtu (21/10/2023).

Putusan itu dibacakan langsung oleh Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadizly.

"Rapimnas II Partai Golkar 2023 menimbang dan seterusnya, mengingat dan seterusnya, memperhatikan dan seterusnya, arahan dan persetujuan Rapimnas," kata Ace.

"Pertama, menetapkan, mendukung, mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden periode 2024-2029. Kedua, menetapkan, mendukung, mengusung, Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal cawapres dari Partai Golkar periode 2024-2029," sambungnya.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta, Sabtu (21/10/2023).
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta, Sabtu (21/10/2023). (KOMPAS.com/ Tatang Guritno)

Baca juga: Gibran Siap Koordinasi Bareng Prabowo seusai Diusung Golkar Jadi Cawapres

Sementara itu, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menuturkan bahwa penetapan Gibran menjadi cawapres setelah melakukan pencermatan yang cukup lama di internal Golkar.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas