Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Profil 3 Eks Kapolri yang Gabung Timses Prabowo-Gibran, 2 Di Antaranya Pernah Jadi Ajudan Presiden

Profil 3 eks Kapolri yakni Jenderal (Purn) Sutanto, Jenderal (Purn) Sutarman, dan Jenderal(Purn) Idham Azis yang masuk dalam timses Prabowo-Gibran.

Penulis: Adi Suhendi
zoom-in Profil 3 Eks Kapolri yang Gabung Timses Prabowo-Gibran, 2 Di Antaranya Pernah Jadi Ajudan Presiden
Kolase Tribunnews.com
3 mantan Kapolri Jenderal Polisi (Purn) Sutanto, Jenderal Polisi (Purn) Sutarman, dan Jenderal Polisi (Purn) Idham Azis. Ketiganya disebut gabung dalam Tim Pemenangan Nasional Prabowo-Gibran. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Berikut profil tiga mantan Kapolri yakni Jenderal Polisi (Purn) Sutanto, Jenderal Polisi (Purn) Sutarman, dan Jenderal Polisi (Purn) Idham Azis yang masuk dalam tim sukses (timses) atau tim pemenangan nasional Prabowo-Gibran di Pilpres 2024.

Ketiga mantan Kapolri tersebut dalam acara deklarasi Prabowo-Gibran sebagai Capres-Cawapres di Indonesia Arena, GBK, Jakarta Pusat, Rabu (25/10/2023).

Tak hanya itu, turut hadir juga eks Wakapolri Komjen (Purn) Komjen Ari Dono Sukmanto, eks Kabaharkam Komjen (Purn) Condro Kirono dan eks Sestama Lemhannas Komjen (Purn) M Iriawan.




"Saya juga ucapkan terima kasih kepada tokoh-tokoh nasional, senior-senior yang hadir. Hadir ada Jenderal Wiranto, Marsekal Udara Imam Syafaat. Tiga mantan Kapolri, Jenderal Polisi Sutarman, Jenderal Polisi Idham Azis, Jenderal Polisi Sutanto," kata Prabowo usai mendaftar di KPU, Jakarta Pusat, Rabu (25/10/2023).

Terpisah, Wakil Ketua Umum Gerindra sekaligus Juru Bicara TKN Prabowo-Gibran, Habiburokhman menyebut 3 mantan Kapolri, Sutanto, Sutarman, dan Idham Azis telah bergabung menjadi tim kampanye nasional (TKN) Prabowo-Gibran.

Menurutnya, ketiga nama itu telah menyatakan kesediaan membantu memenangkan Prabowo-Gibran.

Baca juga: Gerindra Sebut Tiga Mantan Kapolri Putuskan Gabung Jadi Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran

"Kami mengkonfirmasi benar bahwa Jenderal Pol Purn Sutanto, Jenderal Pol Purn Sutarman, Jenderal Pol Purn Idham Aziz, Komjen Pol Purn Ari Dono dan Komjen Pol Purn Condro Kirono telah menyatakan kesediaan membantu tim kampanye nasional Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024," kata Habiburokhman saat dikonfirmasi, Kamis (26/10/2023).

BERITA TERKAIT

Wakil Ketua Komisi III DPR RI itu pun meyakini pemikiran hingga jaringan jenderal purnawirawan Polri itu bisa membantu pemenangan Prabowo-Gibran.

"Kami yakin pemikiran, wawasan, jaringan beliau beliau akan sangat membantu kerja kerja tim kampanya nasional Prabowo-Gibran," katanya.

Lebih lanjut, Habiburokhman menambahkan bahwa bergabungnya tiga eks Kapolri itu sebagai penanda Prabowo-Gibran berkomitmen memperkuat institusi Polri jika mendapatkan kemenangan di Pilpres 2024.

Baca juga: Profil Jenderal Sutarman, Eks Kapolri yang Hadiri Deklarasi Prabowo-Gibran di Indonesia Arena

"Kami juga perlu menegaskan jika Prabowo-Gibran memimpin 2024, maka Polri akan terus diperkuat dan semakin profesional agar dapat menjalankan tugasnya secara maksimal melayani dan mengayomi masyarakat," katanya.

"Institusi Polri tetap akan berada di bawah presiden sebagaimana halnya saat ini," sambungnya.

Berikut sosok dan profil tiga mantan Kapolri yakni Jenderal Polisi (Purn) Sutanto, Jenderal Polisi (Purn) Sutarman, dan Jenderal Polisi (Purn) Idham Azis yang gabung dalam tim pemenangan Prabowo-Gibran:

1. Profil Jenderal Polisi (Purn) Sutanto

Jenderal Polisi (purn) Sutanto adalah Kapolri ke-17. Ia menjabat Kapolri sejak Juli 2005 sampai Oktober 2008.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas