Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ganjar Singgung Tidur di Rumah Warga saat Debat, Upaya Mendengarkan Permasalahan Rakyat

Gus Ipin pun merespons bahwa apa yang dilakukan Ganjar itu bagian upaya mendengarkan permasalahan rakyat.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Ganjar Singgung Tidur di Rumah Warga saat Debat, Upaya Mendengarkan Permasalahan Rakyat
YouTube KPU RI
Ganjar Pranowo dalam debat kelima Pilpres 2024 untuk calon presiden (capres), Minggu (4/2/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Juru Bicara TPN Ganjar-Mahfud, Mochamad Nur Arifin atau Gus Ipin menepis isu Capres Ganjar Pranowo yang menginap di rumah masyarakat bukan sekedar gimmick politik.

Menurutnya, hal berbeda antara mendengarkan kepermasalahan rakyat dan merasakan langsung dengan tidur di rumah rakyat.

Baca juga: Ganjar Pranowo: Tuanku Adalah Rakyat, Jabatan Ini Hanyalah Mandat




Hal itu disampaikan Gus Ipin saat nonton bareng (nobar) debat ke-5 Capres dari Studio Tribunnews, Palmerah, Jakarta, Minggu (4/2/2024).

Adapun tema debat kelima, yakni kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan Inklusi.

Baca juga: Ganjar Bicara Pendidikan Inklusi Hingga Aspirasi Buruh Soal UU Cipta Kerja saat Debat Pilpres 2024

Mulanya, Direktur Pemberitaan Tribun Network, Febby Mahendra Putra melempar pertanyaan kepada Gus Ipin soal paparan dari Ganjar Pranowo yang menginap di rumah masyarakat.

Di mana, saat paparan visi misi, Ganjar Pranowo bicara soal kegiatannya menginap di rumah rakyat untuk mendengar berbagai permasalah yang ada di sana.

BERITA TERKAIT

"Tadi Pak Ganjar, menyampaikan tidur dirumah rakyat. Apa relevansinya menyampaikan itu saat paparan visi misi debat. Apa itu sebuah gimmick saja?" tanya Febby.

Gus Ipin pun merespons bahwa apa yang dilakukan Ganjar itu bagian upaya mendengarkan permasalahan rakyat.

"Mendengar langsung berbeda dengan merasakan langsung, nah jadi Pak Ganjar tidak hanya ingin membuka ruang simpati, tapi juga empati karena memang beliau merasakan langsung," kata Gus Ipin.

Bupati Trenggalek ini juga meyakini bahwa Ganjar juga menyampaikan visi misi soal tema debat Capres kali ini lebih terstruktur.

"Beliau memulai dengan indeks-indeks human development index. Beliau sentuh dulu kesehatan setelah kesehatan masuk ke pendidikan, karena kalau orang sehat maka pendidikan bisa dipacu baru kemudian beliau menyentuh masalah ekonomi," paparnya.

Baca juga: Alasan Ahok Mundur dari Pertamina dan Dukung Ganjar-Mahfud, Bicara Soal Prinsip Ahoker

Gus Ipin juga menyakini, jika Ganjar Pranowo terpilih sebagai Presiden tak akan ada sekat dengan rakyat. Sebab, pendekatan dengan rakyat sudah dilakukan sejak lama.

Bahkan, dia meyakini bahwa Ganjar melakukan blusukan plus.

"Jadi blusukannya itu bukan sekedar setor muka ke mana, tetapi juga merasakan lalu belanja masalah dan sebagainya. Menurut saya apa yang disampaikan tadi itu, kalau saya yang biasa ikut di dalam Kabupaten dalam merencanakan sesuatu kemudian menetapkan satu indikator utama apa yang disampaikan Pak Ganjar tadi berarti ini indikatornya," paparnya.

"Jadi ketika pertanggung jawaban kepada masyarakat itu bisa dengan sangat open dibuka dan kita semua sama-sama bisa mengukur dan sama-sama menjaga sifikasi presiden ini benar tidak, sukses atau tidak," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas