Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hasto PDIP: Di Luar Permintaan Jokowi, Megawati Sudah Berencana Bertemu Sultan Hamengkubuwono X

Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengungkapkan, bahwa Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sudah mengagendakan pertemuan

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Hasto PDIP: Di Luar Permintaan Jokowi, Megawati Sudah Berencana Bertemu Sultan Hamengkubuwono X
Tribunnews.com/Fransiskus Adhiyuda
Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto saat ditemui usai menghadiri gala premiere film Cinta Tapi Cinta di kawasan Senayan, Jakarta, Selasa (13/2/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengungkapkan, bahwa Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sudah mengagendakan pertemuan dengan Gubernur D.I. Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X. 

Bahkan, Hasto menyebut, pertemuan itu sudah diagendakan sebelum Presiden Joko Widodo (Jokowi) menemui Sultan agar dapat dipertemukan dengan Megawati.

"Kami juga sudah merencanakan pertemuan antara Sri Sultan dan Ibu Megawati Seokarnoputri di luar adanya permintaan dari Pak Jokowi," kata Hasto saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta, Selasa (13/2/2024).

Lebih lanjut, Sekretaris TPN ini mengatakan, Megawati dan Sultan HB X adalah orang-orang yang konsisten pada jalan demokrasi, karena keduanya ikut menandatangani Deklarasi Ciganjur.

Bahkan, kata Hasto, Sri Sultan juga sempat mengingatkan Jokowi agar tidak melupakan asal-usul ketika bertemu.

"Itu kan sesuai yang diingatkan oleh Sultan yang dikenal sangat bijak dan pemimpin negarawan itu," jelas Hasto.

BERITA TERKAIT

Meski begitu, politisi asal Yogyakarta ini tidak mengungkapkan topik apa yang akan dibahas dalam pertemuan Megawati dan Sri Sultan nantinya.

"Fokus kami sekarang adalah pada mengawal pemilu besok dan kemudian setelah pemilu kami akan mencari momentum pertemuan antara Ibu Mega dan Sri Sultan," ucap Hasto.

Sebelumnya, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X membenarkan Presiden Jokowi meminta padanya untuk memfasilitasi pertemuan dengan Megawati.

"Betul (diminta presiden untuk memfasilitasi pertemuan dengan Megawati), tapi kan saya nunggu presiden. Kan saya akan mencoba tanya, terserah presiden, gitu aja, ya nunggu. Kalau memang presiden memerlukan, saya bersedia, kan hanya itu. Kalau enggak ya nggak apa-apa. Udah gitu aja," ungkap Sri Sultan HB X saat ditemui di Kompleks Kepatihan, Kota Yogyakarta, Senin (12/2/2024).

Sri Sultan menegaskan, pertemuan dengan Megawati merupakan inisiatif dari Presiden Jokowi, sementara ia hanya diminta sebagai fasilitator.

"Berarti bukan saya yang mengambil inisiatif to, yang mengambil inisiatif kan bapak presiden sendiri. Ya terserah bapak presiden, mau perlu ketemu Mbak Mega yang saya fasilitasi nggak, kan gitu. Kalau bisa ketemu sendiri kan ya syukur," ujar Sri Sultan HB X.

Baca juga: Fakta-fakta Isu Jokowi Minta Sri Sultan HB X Jembatani Pertemuan dengan Megawati, Ini Kata PDIP

"Tapi saya kan sifatnya pasif. Lha kalau presiden (katakan) tolong mbok saya dianter misalnya. (Kalau) nggak ada, ya nggak toh," kata Sri Sultan HB X.

"Terserah bapak presiden sendiri, saya kan pasif bukan ngoyak-oyak (mengejar)," tambahnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas