Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hadir di Demo DPR RI, Refly Harun Serukan Pemilu Ulang: Hanya untuk Anies dan Ganjar

Dari atas mobil komando, Refly Harun menyerukan pemilu ulang dilakukan. Namun, dalam seruannya itu, Refly Harun menyebut kalau yang bertarung hanyalah

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Hadir di Demo DPR RI, Refly Harun Serukan Pemilu Ulang: Hanya untuk Anies dan Ganjar
Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra
Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun saat hadir dalam demo tolak pemilu curang di Depan Gedung DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/3/2024).  

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun turut hadir dalam demo penolakan kecurangan pemilu yang dilakukan beberapa kelompok massa di depan Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (5/3/2024).

Dalam aksi yang diikuti oleh ratusan massa tersebut, Refly Harun turut menyampaikan orasi dengan narasi kalau Pemilu 2024 ini penuh kecurangan.

Dari atas mobil komando, Refly Harun menyerukan pemilu ulang dilakukan. Namun, dalam seruannya itu, Refly Harun menyebut kalau yang bertarung hanyalah dua pasangan capres-cawapres.

"Mau nggak Pemilu ini diulang? Diulang siapa lawan siapa? 01 lawan 03. (Paslon) 02 bagaimana? Buang ke mana? Buang ke laut?" kata Refly Harun dalam orasinya, Selasa (5/3/2024).

Dengan narasi tersebut, Refly Harun meminta agar paslon Prabowo-Gibran didiskualifikasi jika memang pemilu digelar ulang.

Pasalnya, dia secara tegas menyatakan kalau rakyat Indonesia tidak pengin dipimpin oleh pemimpin yang terpilih atas dasar kecurangan.

BERITA REKOMENDASI

Dengan adanya aksi ini, Refly Harun menyampaikan dukungan penuh, dirinya bahkan menyerukan akan mendukung pengguliran hak angket terkait kecurangan pemilu di DPR RI.

"Karena dengan kemudian kita geruduk, kita dorong, kita support hak angket, kalau mereka tidak ajukan hak angket, biar kita duduk di DPR, kita buat revolusi lagi kita buat reformasi lagi dan hari ini jumlah kita sekian besok mudah-mudahan 1 juta orang di sini," kata dia.

"Jadi, kita dorong hak angket, kita dorong DPR menggunakan ototnya untuk menolak kekuasaan yang cawe-cawe, siapa yang cawe-cawe?" tukas Refly Harun.

Baca juga: Fraksi NasDem Buka Komunikasi dengan PDI Perjuangan Sukseskan Hak Angket Kecurangan Pemilu

Dengan adanya aksi ini, aparat kepolisian yang berjaga langsung menutup ruas jalan Gatot Subroto tepatnya di depan Gedung DPR RI yang mengarah ke Slipi, Grogol.

Dalam pantauan, pihak kepolisian hanya menyisakan ruas jalan Transjakarta untuk melintas.

Sementara itu, untuk ruas jalan tol terpantau padat merayap atas adanya aksi ini.

Sebagai informasi, Aksi tersebut digelar bersamaan dengan agenda rapat paripurna para anggota DPR RI dalam pembukaan masa sidang IV tahun 2023-2024.

Baca juga: Reaksi KPU hingga Bawaslu soal Dugaan Penggelembungan Suara PSI di Pemilu 2024

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas