Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Airlangga Akui Peran Jokowi di Pemerintahan Mendatang akan Dibahas Bersama Prabowo

Hanya saja Airlangga belum mengetahui peran apa yang akan diberikan kepada Jokowi nantinya setelah tidak menjabat sebagai presiden.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Airlangga Akui Peran Jokowi di Pemerintahan Mendatang akan Dibahas Bersama Prabowo
Foto: Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Timur pada Jumat, (8/3/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan diberi peran pada pemerintahan Prabowo-Gibran nanti. Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto mengatakan bahwa peran tersebut akan dibahas oleh Presiden Jokowi dengan Capres terpilih Prabowo Subianto.

"Ya tentu nanti akan dibahas antara pak Presiden dan pak Prabowo," kata Airlangga usai menggelar acara peringatan Nuzurul Qur'an dan buka puasa bersama Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming di DPP Golkar, Slipi, Jakarta, Jumat, (29/3/2024).




Hanya saja Airlangga belum mengetahui peran apa yang akan diberikan kepada Jokowi nantinya setelah tidak menjabat sebagai presiden.

Menurut Airlangga, saat ini belum ada pembahasan mengenai peran apa yang akan diemban Jokowi pada pemerintahan nanti.

"Belum kita bicara sampai di situ," katanya.

Sebelumnya, Istana Kepresidenan melalui Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana merespon tudingan yang menyebutkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memiliki peran dalam pemerintahan mendatang, termasuk dalam pembentukan Kabinet.

BERITA TERKAIT

Menurut Ari, pengangkatan Kabinet mendatang merupakan ranah Presiden terpilih Pilpres 2024 dalam hal ini yakni Prabowo Subianto.

"Pengangkatan menteri dalam kabinet mendatang sepenuhnya menjadi hak prerogatif Presiden terpilih setelah dilantik 20 Oktober 2024," katanya, Senin (25/3/2024).

Baca juga: Prabowo Akui Punya Kekurangan: Saya Manusia Biasa, Butuh Masukan dan Nasihat

Menurut Ari, Presiden Jokowi sekarang ini fokus menjalankan pemerintahan terutama dalam menuntaskan agenda kerja di sisa masa jabatannya.

"Presiden Jokowi fokus bekerja untuk menuntaskan agenda pemerintahan dan pembangunan sampai akhir masa jabatan 20 Oktober 2024," pungkasnya.

Sebelumnya Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto mengatakan bahwa Presiden Jokowi memiliki peran dalam pemerintahan nanti. Hanya saja Airlangga tidak menyebutkan peran apa yang akan diambil Presiden Jokowi tersebut.

"Tentu akan ada perannya, tapi kita tunggu," kata Airlangga, Selasa, 27 Maret 2024.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas