Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

3.643 Personel Gabungan Siaga Amankan Unjuk Rasa di Patung Kuda Siang Ini

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro mengatakan nantinya ribuan personel gabungan itu akan disebar di beberapa titik jalannya ak

Penulis: Fahmi Ramadhan
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in 3.643 Personel Gabungan Siaga Amankan Unjuk Rasa di Patung Kuda Siang Ini
Tribunnews.com/ Rahmat W Nugraha
FOTO FILE/ Aksi demo di sekitar bundaran kawasan Patung Kuda Arjuna Wijaya, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (28/10/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fahmi Ramadhan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak 3.643 personel gabungan telah disiagakan guna mengamankan aksi unjuk rasa terkait proses sengketa pemilihan presiden (Pilpres) 2024 di Bundaran Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (18/4/2024).

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro mengatakan nantinya ribuan personel gabungan itu akan disebar di beberapa titik jalannya aksi.

"Hari ini kami siap mengamankan warga yang akan menyampaikan pendapat dan kami menerjunkan 3.643 personel gabungan TNI, Polri yang dibantu Pol PP serta Dishub yang nantinya akan di bagi di beberapa titik pengamanan di sekitaran Monas," ucap Susatyo. 

Mengenai aksi tersebut, Susatyo menjelaskan bahwa pihaknya juga akan menyiapkan skema rekayasa lalu lintas jika nantinya hal itu diperlukan.

Baca juga: AHY Tak Khawatir terkait Hasil Sengketa Pilpres di MK, Sebut Prabowo-Gibran Punya Margin Suara Besar

Rekayasa lalu lintas itu kata dia masih bersifat situasional tergantung kondisi arus kendaraan di sekitar lokasi unjuk rasa.

"Maka kami himbau untuk masyarakat yang akan melintas di sekitaran Monas agar mencari jalan alternatif lainnya dikarenakan akan ada aksi penyampaian pendapat," jelasnya.

BERITA TERKAIT

Terkait aksi hari ini Susatyo menghimbau agar masyarakat tertib dan menghargai hak-hak pengguna jalan lain pada saat menggelar unjuk rasa.

"Sehingga aturan dalam undang-undang penyampaian pendapat di muka umum harap di patuhi supaya semua kegiatan berjalan dengan aman dan kondusif," ujarnya.

Selain kepada peserta unjuk rasa, Susatyo pun menghimbau agar personel yang bertugas tidak mudah terprovokasi saat mengamankan aksi tersebut.

"Menegaskan kepada seluruh Personel yang terlibat Pengamanan untuk selalu bertindak persuasif, tidak terprovokasi, mengedepankan negoisasi, pelayanan serta humanis," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas