Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pilkada Jateng Bakal Berlangsung Ketat, Hendrar Prihadi hingga Sudaryono Berpeluang Gantikan Ganjar

Mulai dari Hendrar Prihadi hingga Taj Yasin Maimoen masuk dalam kandidat yang berpeluang menang jika maju di Pilkada Jateng.

Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Pilkada Jateng Bakal Berlangsung Ketat, Hendrar Prihadi hingga Sudaryono Berpeluang Gantikan Ganjar
TRIBUNNEWS.COM
Ilustrasi Pilkada. Sejumlah nama mulai dijagokan menjadi suksesor Ganjar Pranowo di Pilgub Jawa Tengah mendatang. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sejumlah nama mulai dijagokan menjadi suksesor Ganjar Pranowo di Pilgub Jawa Tengah mendatang.

Mulai dari Hendrar Prihadi hingga Taj Yasin Maimoen masuk dalam kandidat yang berpeluang menang jika maju di Pilkada Jateng.

"Kami melakukan simulasi terbuka kepada 1688 responden dengan menanyakan tokoh mana yang paling pantas memimpin Jawa Tengah. Maka dari jawaban 1688 responden secara terbuka nama Hendrar Prihadi dipilih sebanyak 21,4 persen," kata Direktur Eksekutif Survei Timur Barat Research Center (TBRC) Johanes Romeo, Jumat (3/5/2024).

Sementara di posisi kedua, sambungnya, ada nama Sudaryono dipilih dengan tingkat keterpilihan 20,1 persen

Sementara itu,Taj Yasin Maimoen dipilih 10,3 persen ,Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu dipilih sebanyak 8,7 persen ,Dico M. Ganinduto dipilih sebanyak 7,6 persen.

Mantan Bupati Banyumas 2 periode Achmad Husein dipilih sebanyak 6,6 persen,Muhammad Yusuf Chudlori 6,2 persen , Irjen pol Ahmad luthfi dipilih sebanyak 3,3 persen.

Dengan mengunakan simulasi tertutup menggunakan kuesioner terhadap nama nama tokoh bakal calon gubernur yang ambil dari metadata survei sebelum dan diberikan pada 1688 responden.

BERITA REKOMENDASI

"Kalau ditanyakan tokoh mana yang akan dipilih sebagai Gubernur jika pilgub Jawa Tengah digelar hari ini maka hasilnya Hendrar Pribadi dipilih sebanyak 23,9 persen dan diurutan kedua Ketua DPD Gerindra Jateng Sudaryono meraih tingkat keterpilihan sebanyak 22,7 persen," ucap Johanes.

Kemudian mantan wakil gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen dipilih sebanyak 11,1 persen.

Kemudian Bambang Wuryanto dipilih sebanyak 10,7 , Muhamad Yusuf Chudlori 9,2 persen, Dico Ganinduto (Bupati Kendal 2019-2024) dipilih sebanyak 6,1 persen, FX Hadi Rudiyatmo 5,3 persen.

Untuk diketahui, survei TBRC ini digelar pada 10-21 April 2024 dengan menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah responden 1.688 yang tersebar secara proporsional di 35 Kabupaten /Kota di Provinsi Jawa Tengah.

Teknik pengumpulan data melalui wawancara tatap muka dengan bantuan kuesioner. Margin of error -/+2,3 persen dengan level of confidence 95 persen.

Survei LKPI

Sebelumnya, Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) mengeluarkan hasil survei terkait Pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2024.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas