Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Demokrat Dukung Petahana di Pilkada Papua Barat, Babel dan Jambi, AHY Serahkan Surat Rekomendasinya

Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono menyerahkan tiga surat rekomendasi untuk bacagub-bacawagub terpilih di tiga provinsi, Kamis (4/7/2024).

Penulis: Suci Bangun Dwi Setyaningsih
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Demokrat Dukung Petahana di Pilkada Papua Barat, Babel dan Jambi, AHY Serahkan Surat Rekomendasinya
Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra
Ketua Umum DPP Partai Demokrat sekaligus Menteri ATR/Kepala BPN, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), saat jumpa pers di kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Kamis (4/7/2024). 

TRIBUNNEWS.COM - Partai Demokrat memberikan surat rekomendasi untuk bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur (bacagub dan bacawagub) tiga provinsi, Kamis (4/7/2024).

Tiga provinsi itu, meliputi Papua Barat, Kepulauan Bangka Belitung (Babel), dan Jambi.

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), pun menyerahkan langsung tiga surat rekomendasi untuk masing-masing bacagub-bacawagub terpilih dari petahana atau incumbent.

Pertama, AHY menyerahkan surat rekomendasi kepada Dominggus Mandacan dan Muhammad Lakotani Sirua pada Pilkada di Papua Barat.

"Saya mengucapkan selamat Dominggus Mandacan sebagai calon gubernur dan Muhammad Lakotani Sirua sebagai calon wakil gubernur Provinsi Papua Barat," ucap AHY saat menyerahkan surat rekomendasi di Kantor DPP Partai Demokrat, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, dikutip dari kanal YouTube Kompas TV.

Selanjutnya, AHY memberikan surat rekomendasi untuk bacagub dan bacawagub Provinsi Bangka Belitung, yaitu Erzaldi Rosman dan Yuri Kemal Fadlulah.

Erzaldi Rosman merupakan Gubernur Bangka Belitung yang menjabat periode lalu.

"Beliau juga merupakan gubernur incumbent lima tahun terakhir (Erzaldi Rosman). Seorang politisi, berangkat sebagai seorang bupati dua periode, kali ini kita kembali ingin mendukung dan memperjuangkan, semoga Pak Erzaldi Rosman sukses memenangkan gubernur di Babel," kata AHY.

BERITA TERKAIT

“Tentu keluarga besar Partai Demokrat akan memberikan dukungan penuh, bukan hanya selama masa kampanye tapi juga insya Allah jika terpilih kembali dalam pemerintahan kedepan,” imbuhnya.

Ketiga, rekomendasi diberikan untuk petahana Provinsi Jambi, yaitu Al Haris dan Abdullah Sani sebagai bacagub dan bacawagub.

Baca juga: AHY Ungkap Belum Ada Arahan Jokowi agar Demokrat Usung Kaesang Maju Pilkada 2024

“Beliau (Al Haris) tahu persis apa yang jadi isu utama, apa yang diharapkan masyarakat karena berangkat dari bawah. Dari lurah, kemudian menjadi Bupati Merangin selama dua periode, dan selama 5 tahun terpilih menjadi Gubernur."

"Sehingga kami memberikan dukungan untuk kembali beliau bisa memimpin lima tahun ke depan. Ha-hal yang sudah baik, semoga bisa melanjutkan, yang belum baik kita perbaiki bersama," ungkap AHY.

Putra sulung dari Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono itu, menegaskan Demokrat akan memberikan dukungan penuh untuk cagub-cawagub terpilih.

Sebelumnya, Demokrat juga memberikan dukungan kepada mantan Gubernur Sumsel Herman Deru dan mantan Bupati Lahat Cik Ujang sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur.

“Jadi, Pak SBY tentunya walaupun tidak hadir secara fisik menyampaikan restu, salam, doa, dan harapan semoga Bapak Herman Deru dan Cik Ujang menjadi calon kepala daerah yang sukses memenangkan di Sumsel,” kata AHY saat memberikan rekomendasi.

Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) disebut ikut serta dalam penentuan pengusungan bakal calon kepala daerah dalam Pilkada Serentak 2024.

Baca juga: Diusulkan Cagub Jakarta 2024 oleh Demokrat, Heru Budi Ngaku Tak Tertarik

“Perlu diketahui untuk penentuan calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) mekanisme di Partai Demokrat itu sampai tingkat majelis tinggi,” kata Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Selasa (11/6/2024).

Sebagaimana diketahui, hari pemungutan suara Pilkada 2024 akan digelar serentak pada 27 November 2024.

Sementara pendaftaran calon kepala daerah digelar pada 27-29 Agustus 2024.

(Tribunnews.com/Suci Bangun DS, Kompas.com)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas