Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Masih Belum Representatif, Gudang Logistik Pilkada Harus jadi Perhatian Serius KPU

Dalam beberapa penelitian yang dilakukan oleh DEEP pada pemilu sebelumnya, tempat penyimpanan distribusi logistik mulai dari PPK, PPS, hingga KPPS,

Penulis: Mario Christian Sumampow
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Masih Belum Representatif, Gudang Logistik Pilkada Harus jadi Perhatian Serius KPU
Warta Kota/Yulianto
Petugas KPU Jakarta Pusat memindahkan kotak suara Pemilu 2024 di Gudang KPU Jakarta Pusat, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Kamis (9/11/2023). KPU DKI Jakarta mulai mendistribusikan logistik tahap pertama berupa bilik suara, kotak suara, dan tinta untuk Pemilu 2024 dengan target selesai pada 10 November 2023. Warta Kota/Yulianto 

Laporan Wartawan Tribunnews, Mario Christian Sumampow 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gudang penyimpanan logistik untuk Pilkada Serentak 2024 harus jadi perhatian serius Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Direktur Democracy and Electoral Empowerment Partnership (DEEP) Indonesia, Neni Nur Hayati menilai pengawasan terhadap gudang logistik masih lemah. 

“Gudang tempat penyimpanan logistik juga harus menjadi perhatian termasuk pengawasan terhadap gudang perusahaan yang cenderung lemah,” kata Neni saat dihubungi, Selasa (16/7/2024). 

Dalam beberapa penelitian yang dilakukan oleh DEEP pada pemilu sebelumnya, tempat penyimpanan distribusi logistik mulai dari PPK, PPS, hingga KPPS, tidak representatif.

“Kasus temuan-temuan DEEP di kota Cimahi itu heran kenapa bisa surat suara hilang di beberapa TPS yang ada di kelurahan utama,” ujar Neni.

“Ini kan menjadi potret bahwa proses distribusi logistik masih menjadi masalah utama,” ia menambahkan. 

Baca juga: Bawaslu Minta KPU Perbaiki Sirekap untuk Pilkada agar Jangan Ada Kegaduhan

BERITA TERKAIT

Sementara itu, KPU melihat distribusi logistik jadi tantangan bagi pihaknya dalam hal melancarkan proses Pilkada Serentak mendatang.

Pasalnya, ada 800 lebih tempat pemungutan suara (TPS) yang harus tepat waktu untuk proses logistiknya terpenuhi. 

“Sebenarnya logistik ini tantangan sebenarnya adalah di aspek distribusi. Seperti diketahui kemarin hampir 800 ribu TPS di hari yang sama harus tiba tepat waktu dengan situasi dan kondisi geografis yang sangat beragam,” kata Anggota KPU RI Yulianto Sudrajat di Kantor KPU RI, Jakarta, Jumat (12/7/2024). 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas