Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Nasib Kaesang di Pilkada Jakarta, Klaim Lebih Berpeluang Menang di Jateng, Duet dengan Ahmad Luthfi?

Putra bungsu Presiden Joko Widodo ini sempat digadang-gadang maju Pilgub DKI Jakarta, menjadi pesaing Anies Baswedan.

Editor: Wahyu Aji
zoom-in Nasib Kaesang di Pilkada Jakarta, Klaim Lebih Berpeluang Menang di Jateng, Duet dengan Ahmad Luthfi?
Kolase Tribunnews.com
Ahmad Luthfi dan Kaesang Pangarep 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) memantapkan langkah Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep maju di Pilgub Jawa Tengah.

Putra bungsu Presiden Joko Widodo ini sempat digadang-gadang maju Pilgub DKI Jakarta, menjadi pesaing Anies Baswedan.

Namun Dirinya mengaku masih belum menentukan arah.

"Kita lihat sekarang survei saya di DKI ini kan kecil, mungkin yang kemarin litbang Kompas saya masih di angka satu persen. Allhamdulillah di Jateng dengan tidak ada foto, tidak ada baliho, tidak ada billboard, Allhamduillah saya nomor satu. Untuk yang mana tunggu nanti ya di Bulan Agustus saat pendaftaran," kata Kaesang kepada wartawan di Kantor DPD PSI Kota Semarang di Ruko Jagalan No 32 E, Semarang, Sabtu (20/7/2024).

Dirinya mengatakan, tingginya hasil survei di Jawa Tengah bisa menjadi acuan bila hendak maju menjadi calon Gubenur Jawa Tengah.

"Peluang menang Allhamdulillah sangat besar di Jawa Tengah," ucap dia.

Sementara soal siapa pasangannya, Kaesang menyebut Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi layak menjadi seorang gubernur.

BERITA TERKAIT

"Ya saya kira kita lihat balik lagi Jateng ini provinsi yang besar dan Pak Luthfi sebagai kapolda yang beliau lakukan sudah banyak khususnya di Jateng. Jadi saya rasa beliau pantas jadi gubernur di Jateng untuk periode selanjutnya. Tapi balik lagi untuk masalah Luthfi-Kaesang ataupun Kaesang-Luthfi kita lihat nanti ya," katanya.

Dalam hasil survei bertajuk 'Pilkada di Daerah Kunci: Siapa Unggul di Jawa Tengah?' itu nama Kaesang unggul dalam simulasi 21 nama dan 6 nama kandidat.

"Kalau kita kerucutkan dengan memberi daftar 21 nama, nama ini yang beredar di masyarakat, baik di media bakal-bakal calon ini, yang sementara unggul ini nama Kaesang Pangarep disusul oleh Ahmad Luthfi, Abdul Wachid, Raffi Ahmad juga ada di situ, Pak Bambang Wuryanto Pacul, Sudaryono, Hendrar Prihadi mantan walikota Semarang," kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan saat menyampaikan hasil surveinya secara daring, Minggu (30/6/2024).

Djayadi lantas membeberkan perolehan tingkat elektabilitas Kaesang jika simulasi 21 nama itu terjadi di Pilkada Jawa Tengah tahun ini.

Dimana hasilnya, Kaesang memperoleh 15,9 persen suara, disusul Kapolda Jateng Irjen pol Ahmad Luthfi 12,9 persen, Abdul Wachid 7,8 persen, Raffi Ahmad 6,8 persen, Bambang Wuryanto 5,8 persen dan Sudaryono serta Hendrar Prihadi masing-masing 4,7 persen.

Ketika hasil itu kembali dikerucutkan menjadi 6 nama, Kaesang kembali unggul dan justru elektabilitasnya makin melejit.

Perolehan suara Kaesang dalam simulasi ini mencapai 20 persen lebih dan ungguli Ahmad Luthfi hingga mantan Wagub Jateng Taj Yasin Maimoen.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas