Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sudah Ratusan Warga Lapor ke Bawaslu NIK-nya Dicatut Pasangan Dharma-Kun

Bawaslu juga membentuk tim khusus untuk dalam melakukan penelusuran kasus dugaan pencatutan KTP warga Jakarta oleh pasangan jalur independen, Dharma

Penulis: Mario Christian Sumampow
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Sudah Ratusan Warga Lapor ke Bawaslu NIK-nya Dicatut Pasangan Dharma-Kun
TribunJakarta.com/Elga Hikari Putra
Paslon independen Pilkada Jakarta 2024, Komjen (Purn) Dharma Pongrekun-Kun Wardana, di KPU DKI Jakarta, Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Selasa (18/6/2024) malam. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Mario Christian Sumampow

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA  - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI Jakarta sudah menerima ratusan laporan masyarakat terkait dugaan pencatutan NIK KTP sebagai dukungan terhadap calon Dharma Pongrekun dan Kun Wardana.

Laporan itu pihaknya terima melalui posko pengadu yang dibuka oleh Bawaslu dari level provinsi  kabupaten, kota, hingga kecamatan. 

“Data yang masuk sudah ada ratusan,” Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Provinsi DKI Jakarta, Benny Sabdo saat dihubungi, Minggu (18/8/2024).

Bawaslu juga membentuk tim khusus untuk dalam melakukan penelusuran kasus dugaan pencatutan KTP warga Jakarta oleh pasangan jalur independen, Dharma Pongrekun-Kun Wardana ini.

Data yang pihaknya sudah terima kini masuk proses identifikasi dan inventarisasi. 

“Jika ditemukan pelanggaran, kami pasti tindak tegas sesuai ketentuan perundang-undangan yg berlaku,” ujarnya.

BERITA TERKAIT

“Untuk kategori pelanggaran dapat diidentifikasi antara lain tindak pidana pemilihan, pelanggaran administrasi pemilihan, serta pelanggaran peraturan hukum lainnya baik pidana umum maupun pidana khusus,” ia menambahkan. 

Baca juga: Sosok Pengganti Airlangga Ditentukan dalam Rapimnas dan Munas 20-21 Agustus 2024 di JCC

Sejumlah warga DKI Jakarta sebelumnya mengeluhkan dugaan pencatutan identitas sepihak sebagai syarat dukungan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Dharma Pongrekun-Kun Wardana lewat jalur perseorangan.

Dugaan pencatutan NIK KTP secara sepihak itu viral di media sosial X (Twitter). Mereka protes karena tiba-tiba mereka dinyatakan mendukung pasangan calon kepala daerah perseorangan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas