Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Pilgub DKI Jakarta

Prof Ikrar: Ahok Paham Jakarta Hingga ke ‘Sekrup-sekrupnya’

"Dan saya yakin dan berani mengatakan, Ahok bisa bicara sampai ke ‘sekrup-sekrupnya’,” ujar Ikrar di Jakarta, Jumat (13/1/2017).

Prof Ikrar: Ahok Paham Jakarta Hingga ke ‘Sekrup-sekrupnya’
Tribunnews.com/Lendy Ramadhan dan Dennis Destryawan
ahok 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Ikrar Nusa Bhakti menilai Gubernur Petahana DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengerti secara detail tentang persoalan Jakarta, dari persoalan yang paling besar hingga yang paling kecil.

“Dan bapak-ibu bisa menjadi saksi, apakah omongan saya itu betul apa nggak. Kita tonton debat pertama di televisi. Dan saya yakin dan berani mengatakan, Ahok bisa bicara sampai ke ‘sekrup-sekrupnya’,” ujar Ikrar di Jakarta, Jumat (13/1/2017).

Menurut Guru Besar LIPI, DKI Jakarta saat ini membutuhkan Ahok. Karena dia orang yang mengerti detail tentang persoalan Jakarta.

“Saya mengenal Jokowi-Ahok itu pada 2013 lalu. Dimata saya, orang yang paling gampang dihubungi dan merespon setiap persoalan itu adalah kedua orang itu. Kalau kita mengadu sebuah persoalan, baik itu ke Jokowi atau Ahok, pasti cepat ditanggap,” terangnya.

Baca: Ahok Terkejut Dikejar Jemaah Ketika Kunjungi Makam Mbah Priok

Dia menjelaskan, itulah ciri khas dari kedua pemimpin ini. Keduanya tidak jaim (jaga image). “Jokowi itu jarang banget pake jas atau pakai safari. Dia lebih suka pakai baju putih atau batik. Ahok juga demikian,” jelasnya.

Meski seorang non muslim, Ikrar menilai Ahok sebagai seorang Gubernur yang Islami.

“Saya mau tanya, Gubernur sebelumnya yang katanya Islam, coba lihat, berapa banyak masjid yang dibangun? Kenapa Balaikota DKI Jakarta nggak punya masjid sejak dulu? Dan pada era Jokowi-Ahok, sudah dibangun masjid di Balaikota,” tanyanya.

“Siapa pula Gubernur DKI yang menyambangi orang yang sedang puasa? Dan mana ada orang Kristen yang membayar zakat? Ya kecuali Ahok,” imbuhnya.

Baca: Ahok Kerap Foto Bareng Wanita Cantik, Giring Penasaran Tanggapan Veronica Tan

Sementara itu, terkait kasus hukum yang tengah menjerat Ahok, Ikrar menilai keterangan para saksi yang dihadirkan Jaksa lebih banyak emosi ketimbanga data dan fakta dalam menyampaikan kesaksian.

“Contohnya, dalam persidangan yang terakhir, Ahok dituding menghancurkan masjid. Padahal tidak seperti itu. Atau bisa saja masjid dihancurin untuk dibangun kembali yang lebih bagus atau letaknya tidak tepat sehingga dipindahkan ke tempat lain,” imbuhnya.

Halaman
123
Penulis: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas