Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Anies Ingin Bikin Wall of Fame Mirip Hollywood di Trotoar Senayan

Pemprov DKI Jakarta akan menata jalan dan trotoar di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman hingga MH Thamrin.

Editor: Fajar Anjungroso
zoom-in Anies Ingin Bikin Wall of Fame Mirip Hollywood di Trotoar Senayan
Warta Kota/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
Penyandang Disabilitas berjalan sambil berjualan kerupuk melintasi trotoar Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (30/1/2018). Tidak semua trotoar di Kawasan itu memiliki fasilitas akses disabilitas. Membuat ia kesulitan berjalan sesuai tujuannya. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta akan menata jalan dan trotoar di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman hingga MH Thamrin.

Jalan yang akan ditata mulai dari depan Patung Pemuda Pembangunan, Simpang Susun Semanggi, Patung Selamat Datang (Bundaran HI), hingga Patung Arjuna Wiwaha.

Penataan ini dikejar dalam waktu lima bulan untuk menyambut Asian Games 2018 pada Agustus mendatang. Dalam penataan ini beberapa perubahan dilakukan, yakni sebagai berikut:

1. Jalur Pejalan Kaki Diperlebar

Pada penataan ini jalur pejalan kaki akan diperlebar, dari yang sebelumnya hanya 3-5 meter, nantinya trotoar diperlebar menjadi 8-12 meter.

"Trotoar yang ada akan lebar dan dibuat menjadi tempat yang nyaman bagi pejalan kaki," ujar Anies di Balai Kota, Selasa (6/3/2018).

2. Jalur Sepeda

BERITA TERKAIT

Akan disediakan jalur sepeda di trotoar tersebut, sehingga para pengguna sepeda dapat leluasa bersepeda di jalurnya.

3. Walk of Fame

Seperti di Hollywood, Jakarta juga akan memiliki Walk of Fame yang menampilkan nama-nama orang ternama.

Walk of Fame ini nantinya menampilkan nama-nama atlet Indonesia yang mengharumkan nama Indonesia. Rencananya Walk of Fame dibuat di trotoar kawasan Senayan.

Baca: Suzuki Sodorkan APV dan Futura Jadi Angkot Program OK OTRIP

4. Spot Seni Budaya dan Edukasi

Trotoar yang memiliki lebar 12 meter nantinya dimaksimalkan oleh Pemprov DKI Jakarta dengan membuat titik untuk memamerkan kesenian.

"Jalur ini juga akan disiapkan tempat-tempat untuk kegiatan seni, budaya, bahkan pada perancangannya pun sudah dengan memasukkan nuansa kebudayaan Nusantara," tutur Anies.

Juga, beberapa trotoar akan menjadi bahan edukasi, di mana trotoar dipasang dengan kaca transparan, sehingga dapat dilihat pipa-pipa apa saja yang ada di dalam trotoar.

"Ada transparansi di situ, nanti Anda bisa lihat ada ruang-ruang kaca yang akan bisa dilihat. Sehingga, bagi anak-anak sekolah, atau bagi kita bisa menyaksikan apa saja yang ada di bawah Jalan Sudirman-Thamrin atau di bawah trotoar," paparnya.

5. Fasilitas Umum

Terdapat beberapa fasilitas umum yang nantinya ditambahkan di trotoar, yakni toilet umum, bangku, dan penunjuk arah.

Sumber: Warta Kota
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas