Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Polisi Tangkap 10 Komplotan Begal Pedagang Siomay di Lubang Buaya, Lima Jadi Tersangka, Lima Dibina 

Polsek Cipayung meringkus komplotan begal yang merampas tas pedagang siomay bernama Oyo di Jalan Al Baidho, Lubang Buaya pada Sabtu (26/3/2022)

Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Polisi Tangkap 10 Komplotan Begal Pedagang Siomay di Lubang Buaya, Lima Jadi Tersangka, Lima Dibina 
google
Ilustrasi Begal 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polsek Cipayung meringkus komplotan begal yang merampas tas pedagang siomay bernama Oyo di Jalan Al Baidho, Kelurahan Lubang Buaya pada Sabtu (26/3/2022).

Kapolsek Cipayung Kompol Bambang Cipto mengatakan pelaku yang terdiri dari lima dewasa dan lima anak diringkus pada Senin (28/3/2022) secara bertahap oleh jajaran Unit Reskrim.

"Ditangkap pada Senin pagi sekira pukul 05.00 WIB. Awalnya satu kita amankan di tempat nongkrongnya, lainnya ada yang di rumah," kata Bambang di Mapolsek Cipayung, Selasa (29/3/2022).

Baca juga: Polisi Buru Puluhan Begal yang Terekam CCTV Rampas Tas Pedagang Siomay di Lubang Buaya 

Baca juga: Sembunyi di Garut, Tukang Siomay DPO Kasus Rudapaksa di Jagakarsa Sempat Kerja Buat Kandang Ayam

Baca juga: Konvoi Mobil Bersirene di Puncak: Mengaku Anggota Densus 88, KTA-Pelat Dinas Palsu demi Gaet Wanita




Dari hasil penyidikan jajaran Unit Reskrim Polsek Cipayung lima pelaku dewasa terbukti dan mengaku melakukan pemukulan kepada Oyo sehingga ditetapkan jadi tersangka.

Sementara lima orang yang secara umur masih anak tidak ditetapkan jadi tersangka karena tidak ikut melakukan pemukulan dan merampas tas milik Oyo, mereka hanya diberikan pembinaan.

"Untuk tersangka dikenakan Pasal 365 KUHP tentang Pencurian Disertai Kekerasan dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara. Juncto 368 KUHP tentang Pemerasan," ujarnya.

Bambang menuturkan barang bukti yang diamankan dari para pelaku yakni tiga unit motor digunakan pelaku saat beraksi, uang Rp 900 ribu dan STNK milik Oyo, serta sejumlah handphone.

Baca juga: 7 Tahun Kematian Akseyna, Sore Nanti Mahasiswa UI Nyalakan Lilin dan Tabur Bunga di Danau Kenanga

Baca juga: Respons Sang Ayah Tanggapi Aksi Simbolik dan Doa Bersama bagi Akseyna di Danau Kenanga UI

Baca juga: Wagub DKI Pastikan Ketersediaan Minyak Goreng di Bulan Ramadan, Bakal Ada Pasar Murah 

BERITA TERKAIT

Lima pelaku yang masih berusia 18 hingga 21 tahun kini ditahan di sel Mapolsek Cipayung guna keperluan penyidikan dan proses hukum lebih lanjut atas ulah begal mereka lakukan.

"Untuk sajam (senjata tajam) tidak ada. Jadi waktu kejadian itu mereka mengeroyok korbannya. Pengakuan mereka baru pertama kali ini melakukan perbuatan," tuturnya.

Sebelumnya, Oyo jadi korban begal di Jalan Al Baidho, Kelurahan Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur pada Sabtu (26/3/2022) sekira pukul 03.31 WIB.

Ketua RT 06/RW 06, Kelurahan Lubang Buaya, Muhidin Sanusi mengatakan warganya tersebut dibegal satu kelompok remaja saat dalam perjalanan ke pasar.

"Pas keluar gang mau belanja dia ketemu gerombolan anak-anak muda, kurang lebih ada lima motor. Tiba-tiba si Oyo ini lagi naik motor dipepet," kata Muhidin di Jakarta Timur, Sabtu (26/3/2022).

Baca juga: Soroti Penjualan Tiket yang Molor, PSI Sebut Formula E Tersalip Konser Justine Bieber 

Setelah memepet korban hingga jatuh dari kendaraannya, para pelaku seketika memukul kepala Oyo menggunakan benda tumpul dan tangan secara membabi buta.

Bahkan usai merampas tas berisi sejumlah uang, handphone, KTP, dan STNK milik Oyo, pelaku sempat mendorong korban ke arah parit lalu kabur memacu kendaraan mereka.

"Kepalanya digetok sama anak-anak muda itu, cuman dia (Oyo) pakai helm. Kalau motornya sih aman (tidak dicuri). Hanya tas saja yang dirampas. Setelah mengambil itu mereka kabur," ujarnya.

Para pelaku yang dari rekaman CCTV sedikitnya berjumlah 10 orang dan satu di antaranya perempuan leluasa beraksi karena saat kejadian kondisi Jalan Al Baidho sedang sepi.

Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul Polisi Tangkap Komplotan Begal yang Pukuli Pedagang Siomay di Lubang Buaya

Sumber: TribunJakarta
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas