Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pemprov DKI Belum Setujui Usulan Menhub Terapkan Aturan 4 in 1 di Jakarta untuk Atasi Polusi Udara

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengusulkan kepada Pemprov DKI agar menerapkan sistem 4 in 1 di wilayah Aglomerasi Jabodetabek.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Pemprov DKI Belum Setujui Usulan Menhub Terapkan Aturan 4 in 1 di Jakarta untuk Atasi Polusi Udara
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Pemandangan gedung bertingkat yang diselimuti asap polusi di Jakarta, Selasa (20/6/2023). Berdasarkan laman resmi US Air Quality Index (AQI) atau indeks kualitas udara, tercatat kualitas udara Jakarta berada di angka 152 yang berarti berada pada kategori tidak sehat dan menjadi tingkat polusi udara tertinggi di dunia. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polusi udara yang semakin pekat belakangan makin dikeluhkan warga DKI Jakarta. DI pagi hari udara Jakarta terlihat berkabut penuh oleh asap.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kemudian mengusulkan kepada Pemprov DKI agar menerapkan sistem 4 in 1 di wilayah Aglomerasi Jabodetabek.

Tujuan dari usulan sisten ini adalah untuk mengurangi mobilitas dan menekan angka kemacetan di DKI Jakarta.

Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengatakan, pihaknya bersama Kementerian Perhubungan masih membahas soal wacana tersebut.

"Oh iya Menhub ya, lagi dibahas (sistem 4 in 1), nanti 2 Minggu lagi, masih rapat nih," kata Heru di Jakarta, Rabu (16/8/2023).

Namun demikian, Heru Budi Hartono belum bisa memastikan sistem 4 in 1 ini efektif mengurangi kemacetan di Jakarta. Sebab, sampai saat ini masih dalam proses pembahasan dengan Kementerian Perhubungan dan juga Dinas Perhubungan DKI.

"Namanya uji coba (4 in 1), masih dibahas, belum bisa detail seperti itu saya," ungkap Heru.

BERITA REKOMENDASI

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta bakal menerapkan sistem work from home (WFH) kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) sebesar 50 persen.

Selain ASN, WFH ini juga bakal berlaku bagi pelajar yang bersekolah di DKI Jakarta. Penjabat Gubernur DKI, Heru Budi Hartono menjelaskan, pihaknya juga akan berikan imbauan WFH kepada perusahaan swasta di Jakarta.

WFH tersebut untuk menekan angka kemacetan di Jakarta dan memperbaiki kualitas udara dari kendaraan bermotor.

Baca juga: Polusi Udara Makin Parah, Greenpeace: Solusinya Jangan Uji Emisi Terus

"Ada dua hal terkait nanti dengan KTT ASEAN, Pemda DKI karawannya WFH 50 persen, sekolah nanti juga begitu, juga nanti yang lain (perusahaan swasta) dihimbau (WFH)," jelas Heru di Jakarta, Rabu (16/8/2023).

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya akan mempertimbangkan penerapan sistem 4 in 1 untuk mengurangi penggunaan mobil di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Kebijakan mengisi satu mobil dengan empat orang ini dipertimbangkan untuk mengatasi polusi udara di Jabodetabek.

"Berkaitan dengan utilitas kendaraan, utilitas ini banyak menggunakan (mobil untuk) satu orang atau maksimal dua orang. Maka dipertimbangkan untuk membuat 3 in 1 itu menjadi 4 in 1," ujar Budi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (14/8/2023).

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas