Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Timur Pradopo Tunggu Perintah Presiden Ajukan Nama Kapolri

Diangkatnya Irjen Pol Badrodin Haiti menjadi Kepala Badan Pemeliharaan dan Keamanan Polri otomatis akan menyandang bintang tiga dipundaknya.

Penulis: Adi Suhendi
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Timur Pradopo Tunggu Perintah Presiden Ajukan Nama Kapolri
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Kapolri Jenderal Timur Pradopo (kiri membelakangi) saat acara serah terima jabatan dan pelantikan dari Mantan Wakapolri Komjen Pol.Nanan Sukarna dan Wakapolri Komjen Pol. Oegroseno di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (2/8/2013). Oegroseno menggantikan Nanan Sukarna yang pada 31 Juli kemarin memasuki masa pensiun. Posisi Oegroseno yang sebelumnya menjabat Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan Mabes Polri digantikan Asistem Operasi Kapolri Inspektur Jenderal Polisi Badrodin Haiti. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pergantian Kepala Kepolisian Republik Indonesia selalu menyedot perhatian masyarakat. Isu dipercepatnya masa tugas Jendral Polisi Timur Pradopo sebagai Kapolri tentu yang menjadi pertanyaan siapa yang akan menggantikannya?

Diangkatnya Irjen Pol Badrodin Haiti menjadi Kepala Badan Pemeliharaan dan Keamanan (Kabaharkam) Polri otomatis dirinya akan menyandang bintang tiga dipundaknya.

Dengan pergantian tersebut berarti ada empat jendral yang akan memperebutkan kursi Kapolri yaitu Komjen Pol Sutarman yang kini menjadi Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Kabareskrim) Polri, Komjen Pol Anang Iskandar yang kini menjadi Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Komjen Pol Budi Gunawan yang saat ini menjadi Kepala Lembaga Pendidikan Polri (Kalemdikpol), dan Irjen Pol Badrodin Haiti yang kini menjabat sebagai Kabaharkam Polri.

Ditanya mengenai isu pergantian pucuk pimpinan Polri, Timur Pradopo mengungkapkan bahwa sistem kaderisasi di tubuh Polri sudah berjalan. Namun, siapa nama yang akan diajukan ke DPR RI, tentu saja menjadi hak presiden untuk menentukannya.

"Siapa? itu hak prerogratif bapak presiden," kata Timur di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (2/8/2013).

Timur menegaskan bahwa nama yang akan diajukan dirinya kepada presiden sebagai calon Kapolri adalah bintang tiga yang saat ini nama-namanya mulai terlihat.

"Saya menyiapkan bintang tiga. Kita serahkan saja melalui evaluasi. Tetapi belum diserahkan (nama tersebut kepada presiden), tunggu saja, tunggu perintah presiden," ungkapnya.

BERITA TERKAIT

Menurut Timur pihaknya belum menerima pemberitahuan secara resmi dari presiden tentang adanya pergantian Kapolri, tetapi dirinya sudah menyiapkan nama, tetapi belum mau dibuka kepada masyarakat.

"Tapi siapanya? bintang tiga itu yang masih punya masa dinas dua tahun," katanya.

Diisinya jabatan Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia oleh Komjen Pol Oegroseno semakin terlihat siapa nama-nama yang akan dijagokan menjadi Kapolri. Dengan masuknya nama Badrodin Haiti menjadi Kabaharkam berarti peluang jendral bintang dua untuk diajukan menjadi Kapolri menjadi kecil peluangnya.

Pasalnya harus menunggu bulan Desember 2013 untuk menanti adanya pergantian jabatan bintang tiga di kepolisian. Irwasum Polri Komjen Pol Imam Sudjarwo diprediksi akan pensiun pada Desember 2013 mendatang, kemudian disusul Komjen Pol Oegroseno pada Februari 2013, dan Komjen Pol Suparni Parto yang kini menjabat Kepala Badan Intelijen dan Keamanan.

"Kita akan mengajukan nama yang masih mempunyai masa dinas dua tahun," katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas