Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Politikus Nasdem Pertanyakan Legalitas Penyidik Perkara OC Kaligis ke Johan Budi

Sebab menurut informasi yang ia dapat ada sekitar lima penyidik tak bersertifikasi

Penulis: Edwin Firdaus
zoom-in Politikus Nasdem Pertanyakan Legalitas Penyidik Perkara OC Kaligis ke Johan Budi
Edwin Firdaus/Tribunnews.com
Johan Budi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai NasDem, Akbar Faisal dengan nada suara tinggi melayangkan pertanyaan kepada Capim KPK, Johan Budi mengenai legalitas penyidik perkara OC Kaligis, saat uji kepatutan dan kelayakan Capim KPK di DPR, Senin (14/12/2015).

Sebab menurut informasi yang ia dapat ada sekitar lima penyidik tak bersertifikasi melakukan penyidikan perkara justru diikutsertakan oleh KPK.

"Yang saya dapat informasinya, apakah benar pada kasus OC Kaligis, penyidik yang diturunkan ada yang tidak bersertifikasi penyidik. Bahkan katanya ada yang hanya seorang mahasiswa. Walaupun memang sempat dilatih oleh dari Bareskrim (Polri)? Benar begitu?" tanya Akbar Faisal ke Johan Budi.

Johan Budi memnbantahnya. Menurut Johan penyidik yang melakukan penyidikan di KPK semua yang diangkat oleh Pimpinan KPK. Begitu juga yang menangani perkara OC Kaligis.

"‎Jadi tidak benar ada lima penyidik yang tak tersertifikasi, Apalagi semua yang diangkat menjadi penyidik dan Penuntut di KPK harus ditraining lebih dahulu. ‎Sehingga ada persamaan ada perspektif dalam penanganan tindak pidana korupsi," ‎Jawab Johan.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas