Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Berlatar Ekonomi Pimpinan PPATK Tidak Akan Kendur Urusi Pidana, Bagaimana Caranya?

Kiagus Ahmad Badaruddin memastikan PPATK tidak akan kendur di tangan dia, walaupun dirinya bukan berlatar belakang penegak hukum

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Berlatar Ekonomi Pimpinan PPATK Tidak Akan Kendur Urusi Pidana, Bagaimana Caranya?
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Kiagus Ahmad Badaruddin saat acara pengucapan sumpah jabatan di Istana Negara, Rabu (26/10/2016). Kiagus Ahmad Badaruddin menjadi Kepala PPATK menggantikan M Yusuf yang habis masa jabatannya pada Oktober ini. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

Laporan Wartawan TRIBUNnews.com, Nurmulia Rekso Purnomo

TRIBUNNEWS.COMM, JAKARTA --- Pimpinan Pusat Pelaporann dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) yang baru adalah orang-orang yang berlatar belakang ekoomi. Ketua PPATK baru, Kiagus Ahmad Badaruddin adalah mantan Irjen Kementerian Keuangan (Kemenkeu), sedangkan Wakilnya Dian Ediana Rae, adalah mantan Kepala Departemen di Bank Indonesia (BI).

Walaupun demikian, hal itu bukan merupakan sebuah halangan bagi PPATK untuk menelusuri aliran dana terkait suatu tindak pidana. Kiagus Ahmad Badaruddin memastikan PPATK tidak akan kendur ditangan dia, walaupun dirinya bukan berlatar belakang penegak hukum seperti pendahulunya, Muhammad Yusuf.

"PPATK itu ada struktur organisasinya, sudah dibentuk deputi-deputinya, deputinya itu yang diisi oleh orang-orang yang mengerti hukum,"ujar Kiagus Ahmad Badaruddin dalam konfrensi pers di kantor PPATK, Jakarta Pusat, Rabu (26/10/2016).

Sebagai contoh deputi pemberantasan, menurut Ketua PPATK sejak awal lembaga tersebut berdiri hingga sekarang posisinya selalu diisi oleh seorang Jaksa senior. Selain Deputi Pemberantasan Kiagus Ahmad Badaruddin mengaku massih punya banyak bawahan yang berlatar belakang penegak hukum.

"Jadi bukan berarti kita terus tidak mengurusi masalah pidana, TPPU (Tindak Pidana Pencucian Uang) atau tindak pidana terorisme," ujarnya.

Kiagus Ahmad Badaruddin mengaku akan melanjutkan program-program PPATK dari kepemimpinan sebelumnya yang memang harus dilanjutkan. Terkait program dia sendiri, ia mengaku belum banyak bisa bercerita karena diriya baru saja ditunjuk oleh Presiden untuk mengisi jabatan tersebut.

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas