Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ketika Irjen Royke Lumowa Menjadi Pembawa Obor Asia Games 2018 di Kota Makassar

"Rute kirab api obor di Kota Makassar, mengingatkan masa kecil saya dahulu, yang sering lari pagi dengan rute yang sama di sini."

Editor: Adi Suhendi
zoom-in Ketika Irjen Royke Lumowa Menjadi Pembawa Obor Asia Games 2018 di Kota Makassar
Istimewa
Irjen Pol Royke Lumowa turut ambil bagian menjadi pembawa obor Asia Games 2018 di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (29/7/2018). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Deputi II Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia untuk Asian Games 2018, Irjen Pol Royke Lumowa, turut ambil bagian menjadi pembawa obor Asia Games 2018 di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (29/7/2018).

Sebelum tiba di Kota Makassar, obor Asian Games melintas di Tanjung Bira, Bulukumba.

Obor Asian Games tiba di Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar, tepat pukul 13.00 WITA, Minggu (29/7/2018).

Obor langsung dinaikkan ke Kapal Dewa Ruci dan berlayar menuju Dermaga Lantamal 6 untuk dilakukan upacara penyambutan sekaligus penyalaan obor oleh KASAL dan PJ Gubernur Sulawesi Selatan.

Baca: Diduga Dipicu Persoalan Asmara, Tiga Pemuda Ambruk Dibacok Geng Motor di Bekasi

Selanjutnya, pukul 14.40 WITA api obor dibawa ke tugu Mandiri dan diarak seluruh masyarakat ke Jalan Haji Bau, lalu konvoi ke Anjungan Kota Makassar.

Royke Lumowa Pembawa Obor Asian Games 2018 di Makassar
Royke Lumowa Pembawa Obor Asian Games 2018 di Makassar (ist)

Disini, ceremonial penyambutan khusus berupa Tarian Jenaka Gandrang Bulo mengiringi api obor sebelum kembali berlanjut mengelilingi kota.

Api obor dibawa melalui rute menuju Fort Rotterdam–Gedung Kesenian–Polrestabes Makassar–Planet Sport Ahmad Yani–Monumen Mandala Pembebasan Irian Barat.

Baca: Membaca Makna di Balik Sikap SBY Legowo AHY Tidak Mendapat Tiket Jadi Capres atau Cawapres

BERITA TERKAIT

Kemudian Bonto Lempangan, Sawer Gading, Lapangan Hassanuddin, dan finish di Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Selatan dan diinapkan.

Lalu besok paginya diterbangkan menuju Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Royke menjadi pembawa obor pada etape ketujuh.

Ia menerima api obor dari mantan atlet karateka andalan Indonesia, Faizal Zainuddin dan berlari membawa api obor dari Gedung Kesenian menuju Polrestabes Makassar.

Baca: Tidak Mau Menjadi Cawapres Prabowo, Amien Rais Akan Ingatkan Ustaz Abdul Somad

Ia merasa sangat antusias, karena keterlibatannya dalam kegiatan rangkaian Pra-Asian Games di Makassar tersebut mengingatkan kembali kenangannya di usia muda.

"Rute kirab api obor di Kota Makassar, mengingatkan masa kecil saya dahulu, yang sering lari pagi dengan rute yang sama di sini. Cuma, arahnya saja yang berlawanan. Setiap hari saya lakukan sebelum saya menjadi taruna Akpol," ujarnya.

Kakorlantas Polri yang menggemari olahraga sepeda berpesan untuk memanfaatkan momentum Kirab Obor Asian Games dengan sebaiknya untuk bangsa Indonesia.

“Tadi pagi Presiden jalan sehat bersama ratusan ribu masyarakat untuk promosikan Asian Games 2018, antusiasme masyarakat besar, sekarang Torch Relay juga, semuanya mendukung, semoga yang terbaik dan sukses untuk Indonesia," ujar Royke di sela-sela kerumuman masyarakat.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas