Tribun

Anggota TNI Tangkap Tentara Revolusi West Papua Berpangkat Mayjen dan Tujuh Simpatisannya

Tokoh TRWP ini diamankan beserta tujuh orang simpatisan saat melewati pos penjagaan Pos Kotis Satgas Yonif PR 328/DGH, Minggu (12/5/2019).

Penulis: Gita Irawan
Editor: Malvyandie Haryadi
Anggota TNI Tangkap Tentara Revolusi West Papua Berpangkat Mayjen dan Tujuh Simpatisannya
Kodam Cendrawasih
Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Yonif PR 328/DGH yang menjaga wilayah perbatasan RI-PNG berhasil menangkap seorang tokoh Tentara Revolusi West Papua (TRWP) beserta tujuh orang simpatisan saat melewati pos penjagaan Pos Kotis Satgas Yonif PR 328/DGH, Minggu (12/5/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Muhammad Aidi mengatakan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Yonif PR 328/DGH yang menjaga wilayah perbatasan RI-PNG menangkap seorang tokoh Tentara Revolusi West Papua (TRWP).

Tokoh TRWP ini diamankan beserta tujuh orang simpatisan saat melewati pos penjagaan Pos Kotis Satgas Yonif PR 328/DGH, Minggu (12/5/2019).

Hal tersebut disampaikan Aidi dalam keterangan tertulis yang diterima Tribunnews.com pada Senin (13/5/2019).

Dansatgas Pamtas Yonif PR 328/DGH Mayor Inf Erwin Iswari mengatakan bahwa penangkapan bermula saat rombongan Simpatisan TRWP tersebut melintasi Pos penjagaan Satgas.

Baca: Kata Robert Rene Alberts Atas Internal Game Persib: Tak Pentingkan Hasil, Ada Progres Luar Biasa

Baca: Meski Telah Meninggal Dunia, Dylan Sahara Raih 6019 Suara, Ifan Seventeen: Jadi Dewan di Surga

Baca: Mantan Kusir Mengabdi Merawat Pengidap Gangguan Jiwa

Baca: Sambangi Polda Metro Jaya, Eggi Sudjana : Panggilan Polisi Tak Boleh Dihindari

Baca: Gerombolan serigala ISIS yang berencana menyerang tempat ibadah di Malaysia, ditangkap termasuk satu WNI

Baca: Sambangi Polda Metro Jaya, Eggi Sudjana : Panggilan Polisi Tak Boleh Dihindari

Baca: Waspadai Penurunan Neraca Pembayaran

“Mereka datang dari arah PNG menuju Jayapura, dan saat akan melewati pos penjagaan dilakukan protap pemeriksaan rutin oleh Danru jaga provost, Sertu Iwan. Dari hasil pemeriksaan ditemukan sebuah kartu identitas anggota TRWP di dalam tas,” kata Erwin.

Setelah dilakukan pemeriksaan mendalam di Pos Kotis Satgas diketahui bahwa seorang simpatisan TRWP merupakan tokoh penting dari TRWP berpangkat Mayor Jendral.

Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut petugas banyak menemukan dokumen-dokumen kegiatan dari organisasi ini yang dilakukan di PNG seperti KTA TRWP, laptop yang berisi video kegiatan TRWP serta dokumen tertulis lainnya.

Data tersebut kemudian akan didalami petugas dengan berkoordinasi kepada satuan atas untuk ditindaklanjuti.

“Delapan simpatisan tersebut dipimpin oleh MW (50 Th) sebagai pimpinan rombongan ini, kemudian YT (40 Th), MW (27 Th), EW (49 Th), HT (40 Th), FW (46 Th) dan BU (46 Th). MW (50 Th) ini mengenali semua pejabat-pejabat dari organisasi mereka,” kata Erwin.

Erwin kemudian mengarahkan para simpatisan TRWP tersebut agar kembali kepada NKRI karena apa yang mereka lakukan selama ini salah.

“Kami berikan pemahaman bahwa Papua adalah bagian Indonesia, dan Pemerintah sudah berupaya untuk memajukan Papua,” kata Erwin.

Atas perintah Pangdam XVII/Cenderawasi Mayor Jenderal TNI Yosuha Pandit Sembiring, Saat ini seluruh tersangka berikut barang buktinya telah diserahkan ke Polda Papua untuk penyelidikan dan proses hukum lebih lanjut.

Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas