Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kementerian PUPR Gelar Seremorial Dimulainya Pengalihan Aliran Sungai Way Sekampung

Kementerian PUPR Gelar Seremorial Dimulainya Pengalihan Aliran Sungai Way Sekampung di Desa Pekon Bumi Ratu dan Pekon Banjar Rejo.

Editor: Content Writer
zoom-in Kementerian PUPR Gelar Seremorial Dimulainya Pengalihan Aliran Sungai Way Sekampung
ISTIMEWA
Kementerian PUPR Gelar Seremorial Dimulainya Pengalihan Aliran Sungai Way Sekampung di Desa Pekon Bumi Ratu dan Pekon Banjar Rejo, Kecamatan Pagelaran dan Kecamatan Banyumas, Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung, Kamis (25/7/2019). 

Kepala Pusat Bendungan Ni Made Sumiarsih mewakili Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Bupati Pringsewu, Sujadi Saddat dan Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Mesuji Sekampung Iriandi Azwartika, secara simbolis mencanangkan dimulainya pengalihan aliran sungai (river closure) Way Sekampung ke saluran pengelak Bendungan Way Sekampung, di Desa Pekon Bumi Ratu dan Pekon Banjar Rejo, Kecamatan Pagelaran dan Kecamatan Banyumas, Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung, Kamis (25/7/2019).

Pengelakan aliran sungai dari sungai utama ke dalam terowongan pengelak sepanjang 371 meter ini menandai akan dimulainya pelaksanaan bangunan utama tubuh Bendungan Way Sekampung.

Pengalihan aliran sungai (river closure) Way Sekampung ke saluran pengelak Bendungan Way Sekampung
Pengalihan aliran sungai (river closure) Way Sekampung ke saluran pengelak Bendungan Way Sekampung

Kegiatan ini juga dihadiri perwakilan Bupati Tanggamus, Kapolres Tanggamus, Dandim Tanggamus,TP4D Kejaksaan Tinggi Lampung, Kepala Kanwil BPN Provinsi Lampung, Kepala Dinas Cipta Karya dan Pengelolaan SDA, BPKP Perwakilan Prov. Lampung, Kepala BPN Kabupaten Pringsewu, Kepala BPN Kabupaten Tanggamus, Muspika setempat, para tokoh masyarakat, dan mitra kerja pelaksana pembangunan Bendungan Way Sekampung.

Kepala BBWS Mesuji Sekampung dalam laporannya menyebut pembangunan Bendungan Way Sekampung merupakan bagian dari dua bendungan on going dalam Program Nawacita Pemerintah, yang berada di Wilayah Sungai Way Sekampung, yang meliputi Bendungan Way Sekampung di Kab. Pringsewu dan Bendungan Margatiga di Kab. Lampung Timur.

Untuk progres fisik pembangunan Bendungan Way Sekampung, tambah Iriandi Azwartika, per – 21 Juli 2019 atau 2 tahun 10 bulan waktu pelaksanaan, untuk Paket 1 sebesar 76,40% dan Paket 2 sebesar 53,44%.

“Pembangunan Bendungan Way Sekampung secara keseluruhan dapat diselesaikan akhir tahun 2020,” ujarnya.

Bendungan Way Sekampung
Bendungan Way Sekampung, di Desa Pekon Bumi Ratu dan Pekon Banjar Rejo, Kecamatan Pagelaran dan Kecamatan Banyumas, Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung, Kamis (25/7/2019).

Ni Made Sumiarsih dalam sambutannya menyebut Bendungan Way Sekampung dan Bendungan Margatiga di Lampung merupakan bagian dari 65 bendungan yang dibangun di seluruh Indonesia pada periode Kabinet Indonesia Kerja 2014-2019.

BERITA TERKAIT

Dengan dicanangkannya pengelakan sungai Way Sekampung, Ni Made Sumiarsih berharap, pembangunan Bendungan Way Sekampung dapat berjalan lebih lancar lagi, tepat waktu, tepat mutu dan biaya serta memenuhi kaidah keamanan bendungan, sehingga dapat segera berfungsi dan memberikan manfaat bagi masyarakat luas.

Sementara Bupati Pringsewu Sujadi Saddat mengucapkan terima kasih atas pembangunan Bendungan Way Sekampung di Kabupaten Pringsewu, Ia berharap sampai dengan selesainya pembangunan nanti tak akan ada kecelakan kerja alias zero accident.

“Bendungan Way Sekampung ini menjadi kebanggaan bagi kami yang manfaatnya sangat diharapkan masyarakat Pringsewu,” ujarnya.(*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas