Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kaleidoskop 2019

Kaleidoskop 2019: Dinamika Politik Pemilihan Ketua MPR

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar menyatakan ketertarikannya menjadi ketua MPR ketimbang menteri.

Kaleidoskop 2019: Dinamika Politik Pemilihan Ketua MPR
Tribunnews/JEPRIMA
Presiden Joko Widodo saat memberikan pidato awal masa jabatan disela-sela acara Sidang Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Masa Jabatan 2019-2024 di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (20/10/2019). Sidang Paripurna MPR dengan Agenda Tunggal Pengucapan Sumpah dan Pelantikan Joko Widodo sebagai Presiden Republik Indonesia dan Ma'ruf Amim sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia terpilih periode 2019-2024. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dinamika politik di tahun 2019 tak terhenti di Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden saja.

Usai gelaran Pemilu serentak itu, dinamika politik berlanjut di MPR.

Dalam rentang Mei hingga September 2019, politik nasional diramaikan konstelasi memperebutkan jabatan ketua MPR.

Beberapa partai penghuni parlemen terang-terangan mengincar pucuk tertinggi pimpinan MPR.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar menyatakan ketertarikannya menjadi ketua MPR ketimbang menteri.

"Saya terus terang ingin di MPR, (menjadi) menteri sudah pernah dan sudah cukuplah saya mengabdi di eksekutif, gantian saya biar di legislatif," ujar mantan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini, Selasa (9/7/2019).

Baca: Daftar Nama-nama Koruptor yang Dikorting Hukumannya oleh Mahkamah Agung Sepanjang 2019

Namun, pria yang akrab disapa Cak Imin ini mundur dari pencalonan Ketua MPR seiring terpilihnya dia sebagai wakil ketua DPR.

Partai berikutnya yang mengincar kursi MPR-1 yakni Partai Golkar.

Sebagai partai yang meraih perolehan kursi terbanyak kedua di DPR setelah PDIP, Golkar dianggap layak mendapatkan jabatan ketua MPR.

Nama mantan Ketua DPR periode 2014-2019 Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengemuka jadi calon ketua MPR dari partai berlambang pohon beringin ini.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: chaerul umam
Editor: Hasanudin Aco
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas