Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Miftahul Ulum Sebut Nama Adi Toegarisman di Sidang Korupsi, Kejagung: Tak Didukung Bukti

Kapuspenkum Kejagung Hari Setiyono mengatakan bahwa pernyataan Ulum tak berdasar, tanpa disertai bukti-bukti yang kuat.

Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Sanusi
zoom-in Miftahul Ulum Sebut Nama Adi Toegarisman di Sidang Korupsi, Kejagung: Tak Didukung Bukti
Tribunnews.com/Glery Lazuardi
Majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta menggelar sidang lanjutan perkara pemberian suap dana hibah Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) yang menjerat Miftahul Ulum, asisten pribadi eks Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, pada Senin (2/3/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ilham Rian Pratama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Nama Adi Toegarisman, mantan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung (Kejagung), muncul di sidang kasus suap terkait dana hibah Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Nama Adi disebut-sebut oleh Miftahul Ulum, mantan asisten pribadi mantan Menpora Imam Nahrawi. Ulum menyebut Adi kecipratan uang Rp 7 miliar dalam kasus tersebut.

Merespons hal demikian, Kapuspenkum Kejagung Hari Setiyono mengatakan bahwa pernyataan Ulum tak berdasar, tanpa disertai bukti-bukti yang kuat.

"Keterangan saudara Ulum sifatnya hanya dugaan saja, tak didukung bukti," kata Hari dalam keterangannya, Minggu (17/5/2020).

Sebenarnya, kata Hari, Jampidsus telah memerintahkan tim penyelidik untuk mengumpulkan data dan keterangan dari pihak-pihak terkait.

Namun, imbuh dia, ternyata belum menemukan bukti adanya dugaan tindak pidana. Sehingga belum dapat ditingkatkan ke tahap berikutnya.

BERITA TERKAIT

"Untuk diketahui bahwa penyidikan perkara dugaan tipikor dana hibah KONI tahun 2017 oleh penyidik pada Direktorat Penyidikan Jampidsus masih tetap berjalan dan dalam proses pengumpulan bukti-bukti,” kata Hari.

Pada sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jumat (15/5/2020) kemarin lusa, selain Adi Toegarisman, Ulum juga menyebut nama Achsanul Qosasi, anggota III Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Achsanul, disebut Ulum, menerima uang sebesar Rp3 miliar dari perkara tersebut.

"BPK untuk inisial AQ yang terima Rp 3 miliar itu, Achsanul Qosasi, kalau Kejaksaan Agung ke Andi Teogarisman, setelah itu KONI tidak lagi dipanggil oleh Kejagung," ujar Ulum.

Untuk memenuhi permintaan uang itu, dia mengaku, meminjam sekitar Rp 10 miliar.

Terdakwa tindak pidana kasus dugaan suap penyaluran pembiayaan dana hibah Kemempora kepada KONI Miftahul Ulum menjalani sidang dakwaan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (30/1/2020). Mantan asisten pribadi Menpora Imam Nahrawi tersebut didakwa menerima hadiah berupa uang Rp 11,5 miliar dari Sekjen dan Bendahara Umum KONI untuk mempercepat proses perpencairan bantuan dana hibah 2018. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Terdakwa tindak pidana kasus dugaan suap penyaluran pembiayaan dana hibah Kemempora kepada KONI Miftahul Ulum menjalani sidang dakwaan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (30/1/2020). Mantan asisten pribadi Menpora Imam Nahrawi tersebut didakwa menerima hadiah berupa uang Rp 11,5 miliar dari Sekjen dan Bendahara Umum KONI untuk mempercepat proses perpencairan bantuan dana hibah 2018. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Dia mengklaim pihak KONI dan Kemenpora sudah punya kesepakatan untuk memberikan sejumlah uang ke BPK dan Kejagung guna mengatasi kasus yang membelit.

"Yang menyelesaikan dari Kemenpora itu salah satu Asdep Internasional di Kejaksaan Agung yang biasa berhubungan dengan orang kejaksaan itu, lalu ada juga Yusuf atau Yunus, kalau yang ke Kejaksaan Agung juga ada Ferry Kono yang sekarang jadi Sekretaris KOI [Komite Olimpiade Indonesia]," jawab Ulum.

Di persidangan itu, Ulum mengaku menerima uang dari mantan Bendahara Umum KONI Johnny E Awuy.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas