Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Indonesia Jadi Tempat Uji Klinis Fase III Vaksin Covid-19 dari Inggris

"Indonesia menyambut baik kerja sama uji klinis Fase III dengan ICL sebagai upaya untuk menanggulangi pandemi Covid-19," kata dr. Slamet, MHP

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Indonesia Jadi Tempat Uji Klinis Fase III Vaksin Covid-19 dari Inggris
Lionel BONAVENTURE / AFP
Foto yang diambil pada 7 Oktober 2020 ini menunjukkan jarum suntik pada ilustrasi yang mewakili Covid-19 (novel coronavirus), di Toulouse, Prancis barat daya. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Indonesia melakukan kerja sama pengembangan vaksin Covid-19 bersama Imperial College London (ICL) yang bernama COVAC.

Rencananya uji klinis fase III vaksin tersebut akan dilakukan di Indonesia.

Sebelumnya, Kemenkes RI dan ICL melakukan penandatanganan Letter of Intent (LoI), dimana satu di antara kerja sama yang disepakati adalah penelitian dan pengembangan vaksin COVID-19 melalui uji klinis bersama.

"Indonesia menyambut baik kerja sama uji klinis Fase III dengan ICL sebagai upaya untuk menanggulangi pandemi Covid-19," kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, dr. Slamet, MHP, diketerangannya, Kamis (15/10/2020).

Baca juga: Tim BPOM Terbang ke China, Cek Mutu Sarana Produksi Vaksin Covid-19

Diketahui, ICL mengembangkan vaksin Covid-19 berbasis strand kode genetik RNA sintesis dengan menggunakan teknologi self-amplifying RNA (saRNA).

Lebih lanjut, dr. Slamet berharap uji klinis tersebut dapat segera dilaksanakan paling lambat awal tahun 2021 dengan pertimbangan bahwa Indonesia ingin melakukan vaksinasi pada tahun 2021.

Peneliti Imperial College London (ICL) Professor Robin Shattock mengatakan, hasil uji klinis fase I dan fase II yang telah selesai dilaksanakan.

BERITA TERKAIT

ICL telah melakukan uji klinis vaksin Covid-19 yang dihasilkannya kepada 340 orang relawan untuk mengetahui aspek keamanan, serta kemampuan vaksin menginduksi respon imun para relawan yang sehat.

Baca juga: Dokter Nilai Tiga Kelompok Ini Harus Jadi Prioritas Diberikan Vaksin Covid-19

Disampaikan pula keunggulan vaksin yang menggunakan bahan RNA sintesis ini dinilai lebih efektif mengingat 1 liter bahan RNA sintesis dapat digunakan untuk menghasilkan 5 juta dosis.

Indonesia dan Inggris juga menghasilkan kesepakatan untuk menyempurnakan protokol uji klinis yang diharapkan dapat menjadi panduan untuk melaksanakan uji klinis fase III di Indonesia sebelum awal tahun 2021.

Para peneliti sepakat untuk melanjutkan diskusi intensif secara reguler guna menyepakati protokol penelitian dan persiapan pelaksanaan uji klinis bersama.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas