Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Koordinasi Food Estate Kalteng Diperkuat, Infrastruktur Terus Dibenahi

Untuk mendukung program Food Estate di Kalimantan Tengah, kementerian terkait diminta memperkuat koordinasi sinergitas.

Koordinasi Food Estate Kalteng Diperkuat, Infrastruktur Terus Dibenahi
dok. Kementan
Kegiatan kunjungan kerja tingkat menteri di Desa Bentuk Jaya (A5), Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Selasa (6/4/2021). 

TRIBUNNEWS.COM - Untuk mendukung program Food Estate di Kalimantan Tengah, kementerian terkait diminta memperkuat koordinasi sinergitas. Salah satunya untuk mendukung tata kelola air, termasuk perbaikan dan rehabilitasi jaringan irigasi

Target tersebut disampaikan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat kunjungan kerja tingkat menteri di Desa Bentuk Jaya (A5), Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Selasa (6/4/2021).

Selain Mentan SYL, kegiatan tersebut juga dihadiri Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kepala Staf Kepresidenan, Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah, Pejabat eselon I Kementan, dan undangan lainnya.

Menurutnya, perbaikan infrastruktur seperti jaringan irigasi harus segera dilakukan, begitu juga rehabilitasi dan peningkatan jaringan.

"Sehingga tata kelola air dapat dilaksanakan secara optimal agar dapat memperbaiki kondisi tinggi muka air untuk dapat melakukan pertanaman," katanya.

Mentan SYL mengatakan, pengembangan Food Estate ini merupakan kerja keras kita semua seluruh Kementerian dan Instansi terkait dalam mengamankan pangan untuk 267 juta rakyat Indonesia.

"Maka kita harus bersama sama beriringan dalam mewujudkannya. Kedepan korporasi petani akan menjadi inti dalam rangkaian rantai Kawasan Food Estate yang mengintegrasikan usaha di on-farm dan off farm, dan petani dapat menghasilkan produksinya yang terbaik dari hasil pengembangan food estate ini," katanya.

Dijelaskannya, untuk tahun 2021 Kementerian Pertanian menargetkan melakukan pengembangan Food Estate di Kalimantan Tengah seluas 37.633 Ha.

"Untuk kegiatan Tahun Anggaran 2021, akan dilaksanakan kegiatan pengembangan food estate seluas 37.633 hektare, terdiri dari kegiatan ekstensifikasi lahan seluas 22.992 dan intensifikasi lahan seluas 14.641," tutur Mentan SYL.

Menurutnya, untuk mencapai target itu Kementan sedang mengupayakan penambahan lokasi yang sesuai dengan kaidan dan kriteria teknis yang telah ditetapkan.

Halaman
123
Editor: Content Writer
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas