Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Di Indonesia Aja

Sambut HUT RI #DiRumahAja, Yuk Intip 6 Tradisi Unik 17 Agustus-an di Berbagai Daerah!

Ternyata, sejumlah daerah di Indonesia memiliki beragam tradisi perayaan HUT RI yang unik dan belum pernah kamu ketahui sebelumnya

BizzInsight
Sambut HUT RI #DiRumahAja, Yuk Intip 6 Tradisi Unik 17 Agustus-an di Berbagai Daerah!
iStock
Ilustrasi seorang anak memegang bendera merah putih. 

TRIBUNNEWS.COM - Biasanya, masyarakat menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus dengan penuh kemeriahan, mulai dari memasang bendera di setiap rumah, bergotong-royong mendekorasi lingkungan dengan pernak-pernik 17 Agustus-an, hingga menggelar berbagai perlombaan seru.

Namun sayangnya, pandemi memaksa masyarakat membatasi aktivitas di luar rumah, sehingga mau tidak mau kamu harus merayakan kemerdekaan #DiRumahAja.

Eits, meski demikian, kamu tetap bisa merayakan kemerdekaan #DiRumahAja dengan seru, kok! Misalnya, dengan memperluas cakrawalamu mengenai tradisi-tradisi merayakan kemerdekaan di berbagai daerah #DiIndonesiaAja.

Ternyata, sejumlah daerah di Indonesia memiliki beragam tradisi perayaan HUT RI yang unik dan belum pernah kamu ketahui sebelumnya, lho! Berikut di antaranya yang sudah dirangkum untukmu.

1) Perahu Jong, Kepulauan Riau

LOMBA PERAHU JONG - Peserta mempersiapkan perahu jong miliknya yang akan dipersiapkan untuk lomba di Pantai Kampung Melayu, Batam, Sabtu (8/3).
LOMBA PERAHU JONG - Peserta mempersiapkan perahu jong miliknya yang akan dipersiapkan untuk lomba di Pantai Kampung Melayu, Batam, Sabtu (8/3). (TRIBUN BATAM/ARGIANTO DA NUGROHO/TRIBUN BATAM)

Di Kepulauan Riau terdapat tradisi unik dalam menyambut Hari kemerdekaan RI yaitu Perahu Jong.

Perahu Jong merupakan sebuah permainan tradisional yang sangat populer di masyarakat Kepulauan Riau dan sudah dimainkan sejak masa Kerajaan Johor Pahang Riau Lingga.

Perahu Jong sendiri memiliki bentuk seperti miniatur perahu layar dan mengandalkan tiupan angin kencang dalam permainannya.

Terbuat dari kayu pulai, ada tiga jenis perahu yang diklasifikasikan berdasarkan ukuran: Jong kecil, Jong sedang, dan Jong besar yang juga kerap dijadikan kategori perlombaan saat menyambut HUT Kemerdekaan RI.

2) Telok Abang, Palembang

Telok Abang.
Telok Abang. (TRIBUNSUMSEL.COM/M AWALUDDIN FAJRI)

Bergeser ke Palembang yang juga memiliki tradisi unik HUT RI, yakni Telok Abang. Dalam bahasa Palembang, Telok Abang berarti telur merah. Hal ini sesuai karena Telok Abang merupakan telur rebus yang cangkangnya diberi warna dengan pewarna merah.

Telur tersebut diletakkan di dalam mainan berbentuk kapal, pesawat, becak, atau kereta yang terbuat dari gabus dan memang ramai dijual ketika bulan Agustus tiba.

Diketahui, tradisi ini awalnya merupakan peringatan untuk ulang tahun Ratu Wilhelmina dari Belanda. Namun, setelah kemerdekaan, filosofinya pun berubah. Warna merah melambangkan keberanian dan bagian dalam telur yang berwarna putih bermakna kesucian.

3) Pawai Jampana, Bandung

Tradisi lain yang juga tak kalah menarik ialah Pawai Jampana dari Bandung, Jawa Barat. Dalam pawai ini, masyarakat setempat membawa tandu besar yang berisikan aneka ragam hasil bumi, hidangan makanan, dan juga hasil kerajinan masyarakat.

Tak hanya satu, tandu dalam Pawai Jampana ini terdapat puluhan bahkan bisa mencapai 60 tandu. Nantinya, hasil bumi yang dibawa akan diperebutkan oleh masyarakat, sedangkan hidangan makanan yang terdapat pada tandu akan disantap bersama.

4) Sepakbola Durian, Kebumen

Merayakan kemerdekaan tak lengkap rasanya tanpa mengadakan perlombaan unik, bukan? Salah satunya ialah lomba sepakbola durian yang kerap diadakan oleh masyarakat Kebumen, Jawa Tengah.

Sesuai namanya, bola yang biasa dimainkan diganti dengan buah durian. Karena cukup ekstrem, perlombaan ini biasanya hanya diikuti oleh orang tertentu, misalnya anggota laskar Densus 99 dan anggota forum spiritual.

Sebelum perlombaan akan diadakan doa bersama untuk kelancaran acara dan juga keselamatan para peserta.

5) Peresean, Lombok

Peresan (foto diambil sebelum pandemi Covid-19 berlangsung).
Peresan (foto diambil sebelum pandemi Covid-19 berlangsung). (Instagram/jeloiki_holiday)

Salah satu permainan tradisional yang juga rutin digelar setiap tahunnya untuk menyambut Hari Kemerdekaan RI adalah lomba Peresean, pertarungan antara dua ‘pepadu’ (petarung) bersenjatakan tongkat rotan serta berperisai kulit sapi atau kerbau tebal dan keras.

Lomba adu ketangkasan ini merupakan tradisi yang dilakukan oleh masyarakat suku Sasak, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya dan Benda Nasional pada tahun 2017.

Peresean tak hanya soal adu ketangkasan petarung, tetapi juga mengandung pesan moral mengenai keberanian dan sikap kesatria.

6) Lomba Dayung Perahu Naga, Banjarmasin

Kota Banjarmasin juga memiliki satu tradisi yang kerap kali memeriahkan suasana Agustus-an, yaitu Lomba Dayung Perahu Naga. Sudah dilakukan sejak tahun 1924, lomba dayung ini rutin dilakukan setiap tahunnya di Sungai Martapura, Kota Banjarmasin.

Lomba dayung perahu naga (foto diambil sebelum pandemi Covid-19 berlangsung).
Lomba dayung perahu naga (foto diambil sebelum pandemi Covid-19 berlangsung). (banjarmasinpost.co.id/dok)

Tak hanya menjadi hiburan dalam menyambut HUT RI, lomba dayung ini juga menjadi sarana untuk untuk mencari bibit-bibit pendayung andal.

Uniknya, selain penilaian mendayung, pada Lomba Dayung Perahu Naga ini perahu yang digunakan juga harus memiliki desain kepala naga yang indah di ujung depan perahu.

Begitu beragamnya tradisi unik 17 Agustus-an di berbagai daerah #DiIndonesiaAja! Kini, kamu telah mengenal sebagian kecilnya. Lantas, apa lagi ya hal yang bisa kamu lakukan untuk menambah kemeriahan HUT Kemerdekaan RI #DiRumahAja tahun ini?

diindonesiaja

Tenang, masih banyak kok, hal seru yang bisa kamu lakukan di rumah bersama keluarga! Misalnya, mengadakan upacara bendera di halaman rumah, menggelar lomba dan games seru di rumah, mendongeng, hingga makan bersama.

Agar semakin meriah, jangan lupa untuk mendapatkan pernak-pernik dekorasi maupun membeli makanan dengan #BeliKreatifLokal secara online dari para pelaku UMKM.

Dengan begitu, merayakan kemerdekaan #DiRumahAja pun akan tetap menyenangkan sekaligus dapat membantu para pelaku UMKM untuk bertahan dan tentunya berkontribusi dalam menekan angka penyebaran virus, seperti yang disampaikan oleh Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno.

“Kita harus tetap menebar optimisme, harapan, semangat, dan terus berikhtiar. Kita perlu terus mendukung, berkomitmen, berkontribusi untuk saling menguatkan agar pandemi ini kita tekan penyebarannya. Cara menekan penyebarannya adalah dengan tidak berkegiatan dan bermobilitas di luar rumah, jadi kita di rumah saja,” kata Sandiaga, dikutip dari Siaran Pers: Menparekraf Hadiri #PrayFromHome Bersama Presiden Jokowi, Minggu (11/7/2021)

Oh ya, ada satu lagi kegiatan seru untuk menyambut HUT RI #DiRumahAja pada 17 Agustus mendatang, yakni dengan mengikuti kompetisi 17 Agustusan #MelodiKemerdekaan dari Pesona Indonesia di Instagram.

Dalam kompetisi ini, kamu dan keluarga ditantang untuk mengunggah video kreasi menyanyikan salah satu lagu daerah #DiIndonesiaAja yang sudah ditentukan. Kamu juga boleh menyanyikannya sambil menari, bermain musik, atau menggunakan kostum, dan aksesoris khas masing-masing daerah agar kesempatan menang semakin besar.

Setelah itu, unggah video di feed Instagram kamu dan jangan lupa mention akun Instagram @pesonaid_travel, sertakan hashtag #MelodiKemerdekaan pada caption. Kompetisi ini berlangsung selama 27 Juli-12 Agustus 2021, jangan sampai kelewatan, ya! Akan ada uang elektronik total jutaan rupiah untuk 20 orang pemenang terpilih.

Meskipun merayakan kemerdekaan #DiRumahAja, banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan, bukan? Namun, jika kamu harus melakukan aktivitas di luar rumah, jangan lupa untuk menerapkan protokol kesehatan 6M seperti mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, menghindari makan bersama, dan mengurangi mobilitas. Segera lakukan vaksinasi sebagai upaya bersama agar Indonesia bisa lepas dari pandemi.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai tradisi, pariwisata Indonesia, serta ekonomi kreatif lokal lainnya, kamu bisa cek dan follow akun instagram @pesonaid_travel, ya!

Penulis: Nurfina Fitri Melina/Editor: Bardjan

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas