Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Semarakkan HUT RI Ke-76 dan Bulan Pancasila, BPIP Gelar Lomba Video Pendek Hingga Karya Tulis

Menyambut perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggelar berbagai lomba

zoom-in Semarakkan HUT RI Ke-76 dan Bulan Pancasila, BPIP Gelar Lomba Video Pendek Hingga Karya Tulis
BPIP
Plt. Sekretaris Utama BPIP, Karjono. 

TRIBUNNEWS.COM - Menyambut perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggelar berbagai lomba bertemakan Pancasila dan kebangsaan.

Perlombaan yang diselenggarakan sekaligus menjadi bagian dalam memperingati Bulan Pancasila, dan meningkatkan penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat.

“Sebagai upaya untuk mengarusutamakan nilai-nilai Pancasila dalam pengamalan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, maka dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila atau disebut Bulan Pancasila (Juni-Agustus 2021) dan sekaligus Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) telah menyelenggarakan berbagai macam jenis lomba,” papar Plt. Sekretaris Utama BPIP Karjono dalam keterangan tertulis yang diterima Tribunnews, Senin (16/8/2021).

Adapun berbagai lomba yang telah dilaksanakan dan/atau sedang berlangsung hingga saat ini diantaranya sebagai berikut.

1. Lomba Pembuatan Video Pendek dan Animasi dengan platform Youtube

Kategori lomba ini diselenggarakan BPIP dengan bekerja sama Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI). Terdapat dua tema yang dihadirkan yaitu ‘Penguatan Pancasila sebagai Dasar Negara’ dan ‘Pembumian Nilai-Nilai Pancasila di Masyarakat’.

Saat ini, pemenang lomba juga sudah diumumkan pada tanggal 1 Juni 2021 lalu melalui channel Youtube dan instagram BPIP.

BERITA TERKAIT

2. Lomba Video Pendek Berbasis Instagram dan TikTok

Untuk kategori lomba ini, BPIP membawa topik ‘Laku Pancasila Bagi Millenial’. Pemenang lomba juga sudah diumumkan pada tanggal 1 Juni 2021 melalui Youtube dan Instagram BPIP.

3. Lomba Orasi 1 Juni

Untuk lomba orasi ini BPIP menyiarkannya secara langsung melalui kanal Youtube BPIP pada tanggal  4 Agustus 2021 dan pemenang lomba kategori ini telah diumumkan melalui akun media sosial BPIP pada tanggal 13 Agustus 2021.

Tema yang diusung pada Lomba Orasi 1 Juni ini adalah ‘Pancasila Dalam Tindakan, Bersatu Untuk Indonesia Tangguh’.

4. Lomba Pembuatan Cerita Permainan Tradisional

Kategori lomba ini diadakan dalam bentuk video dengan tema "Pancasila Dalam Tindakan Bersatu untuk Indonesia Tangguh". Lomba ini juga telah dilakukan dan pemenang telah diumumkan pada tanggal 13 Agustus melalui website dan akun medsos BPIP.

5. Lomba Vlog

Mengangkat tema ‘Kibarkan Sang Merah Putih di Tiang Tertinggi’, pemenang untuk kategori lomba vlog akan diumumkan oleh BPIP melalui akun media sosial pada tanggal 17 Agustus 2021.

6. Penghargaan terhadap Kreativitas Anak Indonesia Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Kegiatan ini dilaksanakan secara gotong royong lintas sektor dengan tema ‘Apresiasi Ajang Kreativitas Anak Indonesia Jenjang PAUD: Cita-citaku Untuk Indonesia Tangguh’. Adapun untuk hasil pemeringkatan peserta lomba untuk kategori ini akan diumumkan pada tanggal 17 Agustus 2021 melalui akun media sosial BPIP.

7. Lomba Penulisan Essay

Lomba karya tulis atau penulisan esai ini diselenggarakan BPIP dengan mengangkat tema ‘Teladan Pancasila Aparatur Negara’ dan rencananya akan diumumkan melalui akun medsos BPIP pada tanggal 31 Agustus 2021 mendatang.

Selain untuk mempopulerkan kembali nilai luhur Pancasila, kategori perlombaan ini juga diselenggarakan sebagai ajang menggali inovasi dan kreativitas masyarakat terutama kalangan anak muda.

Karjono mengungkapkan, berdasarkan beberapa kegiatan lomba tersebut, terlihat animo masyarakat sangat besar untuk menggaungkan kembali nilai-nilai luhur Pancasila untuk dapat diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Menyikapi berbagai masukan dan tanggapan masyarakat terkait lomba Karya Tulis yang telah diberitakan diberbagai media massa, maka kami keluarga besar BPIP merasa senang sebagai lembaga baru yang mendapatkan perhatian yang cukup besar dari masyarakat dan tokoh yang telah memberikan komentar, masukan dan sarannnya,” ungkap Karjono.

Karjono pun mengungkapkan bahwa hal ini juga terlihat dari banyaknya jumlah pendaftar yang terhitung semenjak diumumkan melalui media sosial BPIP hingga saat ini sudah tercatat lebih dari 300 orang pendaftar.

Adapun untuk Lomba Karya Tulis ini BPIP akan tetap melaksanakannya dengan mengambil tema ‘Pandangan Agama Dalam Menguatkan Wawasan Kebangsaan’ dan ‘Peran Masyarakat Dalam Penanggulangan Pandemi Covid-19 Menuju Indonesia Tangguh dan Indonesia Tumbuh’.

Tema lomba yang diangkat tersebut merupakan perubahan dan/atau pengganti dari tema sebelumnya yakni: ‘Hormat Bendera Menurut Hukum Islam’ dan ‘Menyanyikan Lagu Kebangsaan Menurut Hukum Islam’.

“Kami sampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh masyarakat sekaligus permohonan maaf, apabila kegiatan yang kami laksanakan kurang sesuai yang diharapkan,” ungkap Karjono.

Adapun untuk informasi lebih lanjut terkait lomba maupun kegiatan yang telah dilaksanakan oleh BPIP, Anda bisa mengunjungi situs BPIP di bpip.go.id ataupun menyimak akun-akun media sosial yang telah dikelola oleh BPIP.

Admin: Sponsored Content
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas