Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Massa Aksi 'Gebrak' Mulai Gelar Aksi di Kawasan Istana Negara, Arus Lalu Lintas Ramai Lancar

Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak) mulai berkumpul di kawasan IRTI Monas, Jalan Medan Merdeka Selatan untuk menggelar aksi di kawasan Istana.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Massa Aksi 'Gebrak' Mulai Gelar Aksi di Kawasan Istana Negara, Arus Lalu Lintas Ramai Lancar
Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra
Massa aksi 'Gebrak' mulai gelar aksi di kawasan Istana Negara dengan titik kumpul di kawasan IRTI Monas, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (28/10/2021). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Massa aksi yang tergabung dalam Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak) mulai berkumpul di kawasan IRTI Monas, Jalan Medan Merdeka Selatan untuk menggelar aksi evaluasi 2 tahun kinerja Jokowi-Ma'ruf.

Berdasar pantauan Tribunnews.com di lokasi, massa buruh ini mulai berdatangan secara bertahap sekira pukul 10.00 WIB.

Mereka nampak langsung berkumpul dengan satu mobil komando di depannya.

Terlihat massa dari buruh yang mulai datang ini di antaranya tergabung dalam elemen Federasi Buruh Transportasi Pelabuhan Indonesia (FBTPI), Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia (KPBI), Federasi Serikat Buruh Persatuan Indonesia (FSBPI). 

Selain itu, massa aksi yang jumlahnya ratusan orang ini terlihat menggunakan atribut dan mengenakan seragam dari serikat masing-masing dengan didominasi kemeja berwarna merah.

Tak hanya itu atribut lainnya juga turut dibawa seperti bendera, hingga poster yang berisi tuntutan. 

BERITA TERKAIT

Disisi lainnya, sejumlah aparat kepolisian sudah bersiaga di lokasi untuk melakukan pengawalan massa serta mengatur arus lalu lintas.

Baca juga: 1.955 Personel Gabungan Diterjunkan Amankan Aksi Buruh di Istana Negara

Terpantau di lokasi, ada massa aksi yang menyita perhatian dengan menggunakan kostum robot Satria Baja Hitam dan Iron Man.

Untuk saat ini kondisi arus lalu lintas di lokasi masih terpantau, ramai lancar, sebab para massa aksi berkumpul hanya menggunakan setengah ruas Jalan Medan Merdeka Selatan.

Sebelumnya, Ketua Umum Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) Nining Elitos mengatakan, dalam aksi yang digelar hari ini akan berfokus pada evaluasi 2 tahun kinerja pemerintahan Joko Widodo - Maruf Amin yang juga bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda.

"Dua tahun kepemimpinan Jokowi-Maruf Amin di periode kedua ini tentu dirasakan kita sama-sama, tidak hanya kaum buruh di berbagai sektor, terjadi kemunduran kemerosotan yang luar biasa, ini yang kita hadapi," kata Nining dalam keterangannya, dikutip Kamis (28/10/2021).

Kondisi terkini massa aksi di Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat tepatnya di depan Gedung Perpustakaan Nasional, Kamis (28/10/2021).
Kondisi terkini massa aksi di Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat tepatnya di depan Gedung Perpustakaan Nasional, Kamis (28/10/2021). (Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra)

Aksi ini sendiri, kata Nining akan digelar mulai pukul 11.00 WIB dengan titik kumpul di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Dari situ para masa aksi melakukan longmarch hingga ke depan Istana Kepresidenan di sisi utara.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas