Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Politik Bebas Aktif Serta Kandungan Lokal Jadi Pertimbangan Kemhan Beli Rafale dan Alutsista Prancis

Politik bebas aktif tersebut, lanjut Donny, tercermin pada kebijakan pengadaan alutsista saat ini yang tidak berasal dari satu negara atau satu blok

Penulis: Gita Irawan
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Politik Bebas Aktif Serta Kandungan Lokal Jadi Pertimbangan Kemhan Beli Rafale dan Alutsista Prancis
KOMPAS/HERU SRI KUMORO
Pesawat tempur milik Angkatan Udara Perancis (Armee de I'Air) Rafale demo terbang di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (25/3/2015). Demo pesawat tempur serbaguna generasi 4,5, bermesin dua, bersayap delta buatan Dassault Aviation Perancis tersebut untuk promosi kepada Indonesia sehubungan dengan akan digantikannya pesawat tempur AU jenis F-5 Tiger yang sudah tua usia pakainya. KOMPAS/HERU SRI KUMORO 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan RI Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto menjelaskan sejumlah pertimbangan mengapa Kementerian Pertahanan RI memutuskan membeli alutsista dari Prancis ketimbang negara lain.

Hal tersebut merespons wacana mengenai rencana pengadaam 42 unit pesawat tempur Dassault Rafale dan kapal selam kelas Scorpene dari Prancis.

Terkait dengan sumber pengadaan alutsista, kata dia, politik luar negeri Indonesia yang bebas aktif mengharuskan Indonesia untuk tidak mengikatkan diri secara a priori pada kekuatan dunia manapun. 

Politik bebas aktif tersebut, lanjut Donny, tercermin pada kebijakan pengadaan alutsista saat ini yang tidak berasal dari satu negara atau satu blok saja. 

Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto dalam Webinar Pusat Studi Air Power Indonesia bertajuk Menyongsong Pesawat Rafale yang digelar pada Kamis (17/2/2022).
Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto dalam Webinar Pusat Studi Air Power Indonesia bertajuk Menyongsong Pesawat Rafale yang digelar pada Kamis (17/2/2022). (tangkap layar)

Pertimbangan geopolitik dan geostrategi, kata dia, juga menjadi faktor yang dipertimbangkan dalam pengadaan alutsista selain pertimbangan faktor teknis. 

Baca juga: Soal Pengadaan Rafale dan F-15EX, Kemhan: Indonesia Saat Ini Hanya Andalkan 33 F-16 dan 16 Sukhoi

Hal tersebut disampaikannya dalam Webinar Pusat Studi Air Power Indonesia bertajuk Menyongsong Pesawat Rafale yang digelar pada Kamis (17/2/2022).

"Di tengah kesulitan untuk mendapatkan alutsista dari Rusia, Prancis merupakan salah satu sumber pengadaan alutsista yang layak untuk dipertimbangkan," kata Donny.

BERITA TERKAIT

Hubungan Indonesia-Prancis yang relatif tidak banyak mengalami pasang surut, kata dia, juga menjadi faktor yang dipertimbangkan.

Posisi tawar Prancis di kancah internasional dan politik luar negerinya yang realtif lebih netral dibandingkan dengan negara Eropa menjadikan Prancis menjadi satu pilihan sumber pengadaan alutsista bagi Indonesia. 

Produk industri pertahanan Prancis juga memiliki kualitas yang tidak kalah dibandingkan dengan produk Amerika Serikat dan negara Eropa lainnya. 

Bahkan kandungan lokal dalam negeri Perancis dalam alutsista produknya sangatlah tinggi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas