Tribun

Melawat ke Korsel, KSAL Lihat Kapal Selam Nuklir Hingga Bahas Kerja Sama dengan Laksamana Kim 

Dalam kesempatan tersebut Yudo sempat mengunjungi sejumlah fasilitas kapal selam dan sarana pelatihan milik Korsel.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Melawat ke Korsel, KSAL Lihat Kapal Selam Nuklir Hingga Bahas Kerja Sama dengan Laksamana Kim 
Dispenal
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono bersama Chief of Naval Operations of the Republic of Korea Navy atau KSAL Korea Selatan Laksamana Kim Jung Soo di Akademi Angkatan Laut Korea Selatan, Jinhae, Korea Selatan (Korsel) pada Sabtu (2/4/2022) lalu. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengunjungi Chief of Naval Operations of the Republic of Korea Navy atau KSAL Korea Selatan Laksamana Kim Jung Soo di Akademi Angkatan Laut Korea Selatan, Jinhae, Korea Selatan (Korsel) pada Sabtu (2/4/2022) lalu.

Dalam kesempatan tersebut Yudo sempat mengunjungi sejumlah fasilitas kapal selam dan sarana pelatihan milik Korsel.

Yudo juga berkesempatan mengunjungi kapal selam Korsel yang berbobot 1.800 ton dan sarana pelatihan taktis bagi pengawak kapal selam di Komando Kapal Selam Angkatan Laut Korea Selatan.

Baca juga: KSAL Bahas Kerja Sama Dengan Admiral Mike Gilday dan Carlos Del Toro di Pentagon Amerika Serikat

"KSAL juga berkesempatan berkunjung ke kapal selam nuklir yang berbobot 1.000 ton serta  beberapa persenjataan di pelabuhan Pangkalan Kapal Selam Jinhae," kata keterangan resmi Dinas Penerangan TNI AL pada Kamis (7/4/2022).

Yudo kemudian menghadiri acara yang diselenggarakan oleh Laksamana Kim di tempat pelatihan Marinir di Batalion Yeon di Haesa.

Dalam pertemuan tersebut keduanya berbicara secara mendalam mengenai agenda kerja sama seperti pertukaran perwira dan kerjasama pertahanan.

Baca juga: Prajurit Marinir Gugur Ditembak KKB, KSAL Perintahkan Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Yudo juga sempat mengajak Kim untuk meningkatkan kerja sama di antaranya dalam rangka memperingati ulang tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Korea Selatan ke-50 tahun depan

"Kedua pemimpin Angkatan Laut tersebut membicarakan tentang kerjasama di berbagai bidang, termasuk masalah stabilitas keamanan laut, pendidikan, pertukaran perwira dan kerjasama pertahanan angkatan laut antar kedua negara termasuk rencana pelaksanaan Navy To Navy Talk (NTNT) yang sebelumnya dilaksanakan dua tahun sekali untuk ditingkatkan menjadi setahun sekali," kata keterangan tersebut.

Kedatangan Yudo di Korsel disambut dengan upacara kebesaran militer dan dilanjutkan dengan pemeriksaan pasukan.

Dalam kunjungan tersebut Yudo didampingi Asisten Operasi (Asops) KSAL Laksda TNI Dadi Hartanto, Asisten Intelijen (Asintel) KSAL Laksda TNI Angkasa Dipua dan Ketua Umum Jalasenastri Vero Yudo Margono.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas