Tribun

Kasus Minyak Goreng

Terseret Kasus Minyak Goreng, Ini Profil Perusahaan Orang Terkaya ke-10 di Indonesia Versi Forbes

PT Musim Mas tersandung dugaan kasus korupsi pemberian fasilitas ekspor minyak sawit mentah (Crude palm oil/CPO).

Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Terseret Kasus Minyak Goreng, Ini Profil Perusahaan Orang Terkaya ke-10 di Indonesia Versi Forbes
ISTIMEWA
General Manager PT Musim Mas, Togar Sitanggang, tersangka kasus mafia minyak goreng. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Musim Mas tersandung dugaan kasus korupsi pemberian fasilitas ekspor minyak sawit mentah (Crude palm oil/CPO).

Hal itu terjadi setelah Kejaksaan Agung (Kejagung) menetapkan General Affairs Musim Mas berinisial PT sebagai tersangka kasus tersebut.

Selain itu, Kejagung juga menahan tiga tersangka lainnya, yakni Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri (Daglu) Kementerian Perdagangan berinisial IWW, Komisaris PT Wilmar Nabati Indonesia berinisial MPT, dan Senior Manager Corporate Affair Permata Hijau Group (PHG) berinisial SMA.

Jaksa Agung ST Burhanuddin mengatakan para tersangka ditahan berdasarkan Surat Perintah Penahanan Direktur Penyidikan Kejagung.

PT ditetapkan sebagai tersangka berdasarkan Surat Penetapan Tersangka Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Nomor: TAP-20/F.2/Fd.2/04/2022 tanggal 19 April 2022.

“Telah ditemukan indikasi kuat bahwa adanya perbuatan tindak pidana korupsi terkait pemberian persetujuan ekspor minyak goreng telah membuat masyarakat luas khususnya masyarakat kecil menjadi susah karena harus mengantre karena langkanya minyak goreng tersebut,” ujar Jaksa Agung RI, Selasa (19/4/2022).

Informasi seputar profil PT Musim Mas banyak dicari pembaca setelah perusahaan tersebut ikut terseret dugaan korupsi ekspor minyak goreng.

Baca juga: Jadikan Kasus Ekspor Ilegal Pintu Masuk Bongkar Mafia Minyak Goreng

Pemilik Musim Mas Group adalah Bachtiar Karim yang termasuk dalam daftar 10 orang terkaya di Indonesia versi Forbes.

Bachtiar tercatat memiliki kekayaan sebesar US$ 3,5 miliar atau sekitar Rp 50,25 triliun.

Sejarah berdirinya PT Musim Mas

Dikutip dari laman resmi musimmas.com, PT Musim Mas adalah perusahaan yang berbasis di Medan, Indonesia. Produsen minyak goreng bermerek Sanco ini didirikan pada tahun 1972.

Baca juga: IPW: yang Banyak Gembar-gembor Soal Minyak Goreng Polisi tapi yang Bisa Mengungkap Justru Kejagung

Perusahaan ini merupakan bagian dari Musim Mas Holdings Pte Ltd atau Grup Musim Mas. Grup Musim Mas adalah salah satu perusahaan kelapa sawit terintegrasi terbesar di dunia.

Grup ini berkantor pusat di Singapura, dengan operasi yang mencakup seluruh rantai nilai dan terletak di 13 negara di dunia termasuk Amerika, Eropa dan Asia.

“Tenaga kerja global kami terus melakukan pengembangan yang inovatif dan berkelanjutan di seluruh spektrum rantai suplai minyak sawit untuk memastikan kualitas produk, keamanan, dan efisiensi berjalan seiring dengan perkembangan industri,” tulis laman tersebut, dikutip pada Selasa (19/4/2022).

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas