Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Rekayasa One Way & Ganjil-Genap 28 hingga 29 April Efektif Mengurai Kepadatan Lalu Lintas

Untuk menghindari kepadatan di jalan tol, Menhub menyampaikan imbauan kepada masyarakat pengguna jalan tol agar tidak berhenti di bahu jalan.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Rekayasa One Way & Ganjil-Genap 28 hingga 29 April Efektif Mengurai Kepadatan Lalu Lintas
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Foto udara memperlihatkan kendaraan pemudik antre panjang di ruas Tol Cikopo-Palimanan (Tol Cipali), Subang, Jawa Barat, jelang penerapan kebijakan one way, Kamis (28/4/2022) sore. Kebijakan one way mulai berlaku dari KM 47 sampai KM 414 Tol Kalikangkung pada Kamis sore hingga malam hari. Hal ini dilakukan guna mengurai kepadatan kendaraan pada arus mudik Lebaran 2022. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Penerapan rekayasa lalu lintas di jalan tol dari Jakarta ke arah timur mulai dari Kamis (28/4/2022) sore sampai Jumat (29/4/2022) pagi efektif mengurai kepadatan.

Hal itu disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau arus mudik di Jawa Tengah, Jumat (29/4/2022).

"Mulai dari KM 47 sampai dengan KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung (Semarang) pergerakan kendaraan dapat mengalir cukup lancar," kata Menhub.

Menurutnya, rekayasa one way dan ganjil genap berlangsung dengan baik.




Menhub mengupayakan mitigasi lonjakan arus mudik yang lebih besar.

Untuk menghindari terjadinya kepadatan dan perlambatan di jalan tol, Menhub menyampaikan imbauan kepada masyarakat pengguna jalan tol agar tidak berhenti di bahu jalan.

"Selain mempersempit jalan, juga bahaya sekali karena bisa tertabrak. Lebih baik keluar dari tol, untuk beristirahat di kota sekitar agar tetap aman," ujar Menhub.

Lebih lanjut Menhub Budi juga mengingatkan masyarakat yang berada di rest area jalan tol untuk mengatur waktunya berada di rest area maksimal 30 menit. 

Baca juga: Pemudik: Macet Panjang di Merak, Saya Tiba Pukul 15.00 Baru Bisa Naik Kapal Pukul 18.00 WIB

BERITA TERKAIT

Hal tersebut agar memberi kesempatan kepada pengemudi lainnya untuk ke rest area agar tidak menumpuk.

Menhub meminta kepada jajaran kepolisian dan pemerintah daerah untuk bersiaga dengan lonjakan pemudik yang mengarah ke Semarang.

"Begitu keluar tol dari Kalikangkung, pemudik akan menyebar ke beberapa daerah di Semarang seperti Krapyak dan daerah lainnya," tuturnya.

Dirgakum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Sunanan mengatakan, rekayasa lalu lintas one way dan ganjil genap yang diterapkan mulai Kamis (28/4/2022) sore sejatinya hanya diberlakukan sampai pukul 24.00 WIB.

Namun, penerapannya diperpanjang hingga pagi kemarin karena arus lalu lintas yang masih padat dari arah Jakarta.

"Kami juga telah melakukan beberapa upaya dengan melakukan sodetan di KM 48, 53, dan 56 untuk mengurangi beban yang ada di sebelah kanan atau jalur A," ujarnya.

Ia pun mengimbau agar pengendara tidak saling menyerobot lajur yang berdampak terjadinya perlambatan di jalan tol.

"Di Km 48 ketika turun dari jalur layang MBZ, banyak pengemudi yang memotong langsung ke jalur kanan untuk masuk ke jalur b agar bisa ikut one way," katanya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas