Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Beli Pertalite dan Solar Wajib Pakai MyPertamina, Begini Reaksi Wakil Ketua DPR RI

PT Pertamina mulai uji coba peraturan baru pembelian bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite dan Solar melalui akun MyPertamina pada 1 Juli 2022.

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Beli Pertalite dan Solar Wajib Pakai MyPertamina, Begini Reaksi Wakil Ketua DPR RI
WARTA KOTA/YULIANTO
Petugas SPBU di Rest Area KM 19 Tol Jakarta-Cikampek, Bekasi, Jawa Barat, sedang melayani pelanggan, Selasa (26/4/2022). SPBU di Rest Area KM 19 Tol Jakarta-Cikampek telah siap melayani para pelanggan menjelang libur Hari Raya Idul Fitri 1443 H. Di SPBU tersebut juga telah menambah beberapa petugas pelayanan dan petugas kebersihan disiagakan untuk mengantisipasi lonjakan pengendara saat mudik Lebaran. Beli Pertalite dan Solar Wajib Pakai MyPertamina, DPR: Sosialisasi Harus Luas dan Mendalam WARTA KOTA/YULIANTO 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) akan mulai uji coba peraturan baru pembelian bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite dan Solar melalui akun MyPertamina pada 1 Juli 2022.

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengingatkan agar peraturan baru itu harus disosialisasikan secara masif.

"Perlu dilakukan sosialisasi yang lebih luas dan mendalam terutama juga harus dipikirkan bagi masyarakat yang belum mempunyai HP, atau HP-nya yang belum bisa seperti android yang bisa mengunduh aplikasi," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (28/6/2022).

"Sehingga seiring berjalannya kebijakan ada juga perlakukan yang berbeda terhadap yang belum mempunyai HP yang bisa mengunduh aplikasi," imbuhnya.

Baca juga: Cara Beli Pertalite dan Solar Pakai Aplikasi MyPertamina

Selain itu, Dasco meminta Komisi VI DPR untuk berkoordinasi dengan Pertamina terkait rencana pembelian Pertalite dan Solar menggunakan akun MyPertamina.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra itu mengingatkan kebijakan itu harus bisa menyentuh rakyat kecil.

"Kita akan minta ke komisi teknis terkait, tentunya melakukan koordinasi dengan mitra pemerintah, yaitu Pertamina agar kebijakan ini bisa lebih menyentuh kepada rakyat kecil," tandasnya.

BERITA REKOMENDASI

Sebelumnya, Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution ujicoba ini merupakan upaya dari pemerintah untuk mengatur penyaluran BBM Subsidi agar tepat sasaran.

Penyaluran BBM Subsidi ini sudah diatur baik dari kuota maupun segmentasi penggunaanya.

Sementara yang terjadi di lapangan, saat ini banyak pelanggan yang tidak berhak tapi masih menggunakan BBM jenis Pertalite atau Solar.

Melihat kondisi itu, jika tidak diatur sejak saat ini, dikhawatirkan kuota yang sudah ditetapkan oleh pemerintah selama satu tahun tidak akan mencukupi.

"Kami menyiapkan website MyPertamina, yakni https://subsiditepat.mypertamina.id/ yang dibuka pada 1 Juli 2022," ujar Alfian dalam keterangan resminya, Senin (27/6/2022).

"Masyarakat yang merasa berhak menggunakan Pertalite dan Solar dapat mendaftarkan datanya melalui website ini, untuk kemudian menunggu apakah kendaraan dan identitasnya terkonfirmasi sebagai pengguna yang terdaftar," imbuhnya.

Baca juga: Pertamina Uji Coba Salurkan Pertalite dan Solar Bagi Pengguna Terdaftar di Lima Provinsi

Lebih lanjut Alfian menjelaskan, sistem MyPertamina akan membantu mencocokkan data pengguna.

Masyarakat tak perlu khawatir bila tidak memiliki aplikasi MyPertamina karena pendaftaran dilakukan semua dari situs yang akan dibuka empat hari lagi.

Bagi pengguna yang sudah melakukan registrasi, baik kendaraan maupun identitas, akan mendapatkan notifikasi melalui e-mail.

Yang terpenting adalah memastikan menjadi pengguna terdaftar di website MyPertamina, jika seluruh data sudah cocok maka konsumen dapat melakukan transaksi di SPBU dan seluruh transaksinya akan tercatat secara digital," ujar Alfian.

"Inilah yang kami harapkan, Pertamina dapat mengenali siapa saja konsumen Pertalite dan Solar sehingga ke depannya bisa jadi acuan dalam membuat program atau kebijakan terkait subsidi energi bersama pemerintah, sekaligus melindungi masyarakat yang saat ini berhak menikmati bahan bakar bersubsidi," lanjutnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas