Tribun

Ibadah Haji 2022

Tiba di Arab Saudi, Menteri Agama RI Yaqut Cholil Kisahkan Kegembiraan Berhaji

Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas tiba di Tanah Suci, Arab Saudi, Senin (4/7/2022) pukul 01.09 waktu Arab Saudi.

Penulis: Aji Bramastra
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Tiba di Arab Saudi, Menteri Agama RI Yaqut Cholil Kisahkan Kegembiraan Berhaji
Tim Media Center Haji 2002
Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas tiba di Tanah Suci, Arab Saudi, Senin (4/7/2022) pukul 01.09 waktu Arab Saudi. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Aji Bramastra dari Arab Saudi

TRIBUNNEWS.COM, JEDDAH - Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas tiba di Tanah Suci, Arab Saudi, Senin (4/7/2022) pukul 01.09 waktu Arab Saudi.

Yaqut terbang bersama rombongan jemaah haji Indonesia dengan Pesawat Garuda Indonesia nomor penerbangan GA 982.

Ditemui di Bandara King Abdul Aziz Jeddah, Arab Saudi, Gus Men, panggilan akrabnya, mengaku lega melihat ekspresi gembira jemaah yang ditemuinya di pesawat.

"Saya ikut penerbangan kloter terakhir. Di seat paling belakang, saya lihat jemaah sumringah, terlihat bergembira," ujar Yaqut saat baru mendarat di Bandara Internasional King Abdulaziz, Senin (4/7/2022) dini hari Waktu Arab Saudi (WAS).

"Semoga kebahagiaan ini bertahan hingga semua pulang. Saya melihat pelayanannya pun sangat baik," tutur Yaqut

Meski bergembira karena jadi jemaah haji pertama setelah vakum 2 tahun, tapi Yaqut mengingatkan semua harus tetap menahan diri.

Ia mengingatkan, petugas dan jemaah harus menjaga kesehatan.

Sebab, cuaca di Arab Saudi tidak seperti di tanah air.

"Saya harap di sisa waktu sampai puncak ibadah haji, petugas dan jemaah masing-masing tetap jaga kesehatan dan perdalam manasik," pesan Menag di Jeddah, Senin (4/7/2022).

"Petugas jangan lupa tetap bertugas sesuai kewajiban, melayani jemaah dengan baik, karena jika jemaah terlayani dengan baik, mereka bisa beribadah dengan baik dan semua mendapat haji mabrur dan mabrurah," harapnya.

Yaqut juga menyampaikan terima kasih kepada Raja Salman, Putra Mahkota Muhammad bin Salman, dan Menteri Haji Arab Saudi.

Baca juga: Penjelasan Apa Itu Haji Furoda, yang Buat 46 Jemaah Calon Haji Indonesia Dideportasi dari Jeddah

Menurutnya, Kerajaan Arab Saudi telah memberikan banyak kemudahan yang membuat pelayanan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) lebih baik kepada jemaah.

"Di Indonesia, kita juga banyak dibantu oleh Kedubes Arab Saudi sehingga kita bisa memberikan beragam fasilitas agar jemaah bisa beribadah dengan baik dan lancar," tandasnya.

Sementara itu, penerbangan jemaah haji Indonesia untuk kuota reguler sudah berakhir. Kloter 43 Embarkasi Solo (SOC) 43 yang mendarat Minggu, 3 Juli 2022 siang, menjadi kloter terakhir yang datang.

Total ada 92.668 jemaah haji Indonesia reguler yang telah diberangkatkan ke Tanah Suci, sejak 4 Juni sampai 3 Juli 2022. (*)

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas