Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Aktivis Sosial: Gagasan Indonesia Sentris Jokowi Buat Semua Orang Punya Kesempatan

Aktivis sosial Shania Mahir Hamdun menilai gagasan Presiden Joko Widodo membangun Indonesia sentris dapat meningkatkan mutu pendidikan.

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Aktivis Sosial: Gagasan Indonesia Sentris Jokowi Buat Semua Orang Punya Kesempatan
Instagram @jokowi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dapat apresiasi karena membangun Indonesia sentris untuk meningkatkan mutu pendidikan. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Glery Lazuardi
 
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Aktivis sosial Shania Mahir Hamdun menilai gagasan Presiden Joko Widodo membangun Indonesia sentris dapat meningkatkan mutu pendidikan.

Menurut dia, melalui gagasan itu dapat menjadi pondasi untuk menyetarakan kualitas pendidikan bagi anak bangsa di seluruh wilayah.

Sehingga, kata dia, menjadikan setiap anak memiliki kesempatan yang sama bukan hanya dalam ruang lingkup pendidikan, namun dalam mendapat lapangan pekerjaan di masa depan.

"Kami menyadari seluruh standar pendidikan untuk pekerjaan itu sama. Jadi nantinya kita bisa saling membantu satu sama lainnya," kata dia, dalam keterangannya, pada Senin (11/7/2022).

Imbas dari itu, dia melanjutkan, akan terasa pada terciptanya Sumber Daya Manusia (SDM) unggul dan kompeten. Membentuk SDM mumpuni yang berdaya saing sehingga  menghadapi berbagai tantangan global. 

Menurut dia fokus pada SDM bukan berarti infrastruktur ditinggalkan apalagi infrastruktur merupakan prasyarat dari pembangunan nasional. Karenanya mesti aplikasikan sejalan dengan pembangunan SDM.

Lebih lanjut dia menilai gagasan Jokowi menyoal Indonesia Sentris sudah mulai terealisasi.

BERITA TERKAIT

Terlihat dari hadirnya berbagai pembangunan infrastruktur yang berdampak positif bagi kehidupan masyarakat di setiap daerah.

Baca juga: Pandemi Covid-19 Belum Berakhir, Jokowi Ingatkan Masyarakat Pakai Masker di Dalam dan Luar Ruangan

"Tentu (Indonesia Sentris,-red) sangat baik, itu sangat amat baik. Karena kita memang harus menyelaraskan rakyat Indonesia ya sebagai Indonesia," tambah Shania.

Dia menambahkan terciptanya pembangunan yang Indonesia sentri akan juga meningkatkan rasa kepedulian.

Menjadikan setiap orang dapat saling berbagi tidak hanya dari sebuah materi namun juga ilmu pengetahuan dan pemahaman pemikiran.

"Jadi bukan hanya maju di Jawa karena pada akhirnya kita tentu berharap setiap orang baik dari setiap pulau itu bisa saling membantu dengan kita cross kerja atau belajar," tambahnya

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas