Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ketua Dewan Etik Golkar Pastikan Independen Usut Laporan Dugaan Pelanggaran Berat Airlangga

Mohammad Hatta memastikan pihaknya bakal independen mengusut laporan dugaan pelanggaran berat yang dilakukan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Ketua Dewan Etik Golkar Pastikan Independen Usut Laporan Dugaan Pelanggaran Berat Airlangga
Ist
Kelompok Pemerkasa Penggerak Kebangkitan Partai Golkar melaporkan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto kepada Dewan Etik Partai Golkar di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat pada Jumat (18/8/2023) siang. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Dewan Etik Partai Golkar, Mohammad Hatta memastikan pihaknya bakal independen mengusut laporan dugaan pelanggaran berat yang dilakukan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Diketahui, laporan itu dilaporkan oleh Kelompok Pemerkasa Penggerak Kebangkitan Partai Golkar kepada Dewan Etik Partai Golkar di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat pada Jumat (18/8/2023) siang.

"Posisi dewan etik ini sesuai dengan kewenangannya, yang ada di AD-ART, kita bersifat independen dalam artian, siapapun kader Partai Golkar yang melanggar etik, tertera dalam PO Etik, tertera dalam tupoksinya etik di AD-ART, tentu Dewan etik harus mengambil tindakan," kata Hatta di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat pada Jumat (18/8/2023).




Dalam laporan ini, ada kartu kader partai dari tri karya, unsur SOKSI, MKGR, Kosgoro membawa laporan dengan sejumlah bahan tentang dugaan pelanggaran dari Airlangga Hartarto.

"Tentu Dewan etik seperti kantor Polisi, menerima semua laporan, kita akan lihat dan kaji, sejauh mana kebenarannya," jelasnya.

Namun, kata dia, Ia mengharapkan semua kader melihat posisi partai Golkar yang saat ini sedang dalam menghadapi pesta besar demokrasi, menghadapi pemilu, menghadapi percapresan yang memerlukan suasana kompak.

"Dalam konteks itu kita minta, agar andaikata ada ketidakpuasan terhadap kepemimpinan ketua umum itu tidak dibawa ke ruang publik. Partai sudah mempunyai lembaga-lembaga yang mempunyai tugas tertentu, kita dewan etik tidak ada keberpihakan kemana-mana dan kita menjaga juga nahkoda partai untuk tidak nantinya sebelum sampai ke tujuan, perahu ini karam di tengah jalan, maka kita harus jaga itu," jelasnya.

BERITA TERKAIT

"Jadi intinya kami menerima siapapun kader partai, jika memang ada dua alat bukti paling tidak, untuk tidak akan kita akan kaji di dalamnya," sambungnya.

Baca juga: Pengamat Politik: Airlangga Paling Ideal jadi Cawapres Prabowo

Sebelumnya, Kelompok Pemerkasa Penggerak Kebangkitan Partai Golkar melaporkan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto kepada Dewan Etik Partai Golkar di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat pada Jumat (18/8/2023) siang.

Adapun laporan ini didaftarkan langsung oleh Koordinator Kelompok Pemerkasa Penggerak Kebangkitan Partai Golkar, Lawrence Siburian

Dalam hal ini, Airlangga Hartarto dilaporkan dalam  pelanggaran berat atas anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) Partai Golkar. Airlangga pun diminta untuk dijatuhkan sanksi etik.

"Bapak Airlangga Hartato, Ketua umum Partai Golkar telah melakukan pelanggaran berat atas konstitusi yaitu anggaran dasar dan anggaran rumah tangga Partai Golkar, Karena itu kami mohon kepada dewan etik untuk menjatuhkan sanksi atas pelanggaran terberat yang dilakukan," kata Lawrence.

Dijelaskan Lawrence, pelanggaran yang dilakukan itu adalah Rapimnas Partai Golkar memutuskan Airlangga menjadi calon presiden RI dari Partai Golkar pada Pemilu 2024 pada 22 Maret 2021.

"Jadi Pak Airlangga itu hanya satu yaitu diputuskan menjadi calon presiden, tetapi kenyataannya per-hari ini dia tidak melaksanakan keputusannya rapimnas, tetapi malah mendukung capres, calon presiden Bapak Prabowo Subianto," jelasnya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas