Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Cak Imin Jadi Duet Anies di Pilpres, PDIP Klaim Suara NU Akan Mengalir ke Ganjar

PDIP mengklaim deklarasi Anies dan Cak Imin di Pilpres 2024 akan membuat sebagian suara nahdliyin mengalir ke Ganjar Pranowo.

Penulis: Mario Christian Sumampow
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Cak Imin Jadi Duet Anies di Pilpres, PDIP Klaim Suara NU Akan Mengalir ke Ganjar
Kolase Tribunnews
Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar resmi dideklarasikan sebagai pasangan calon presiden dan calon wakil presiden dari Koalisi Perubahan di Pilpres 2023 di Hotel Yamato, Surabaya, Sabtu, 2 September 2023. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Mario Christian Suamampow

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PDIP mengklaim deklarasi pasangan bakal calon presiden (bacapres) Anies Baswedan bersama Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin di Pilpres 2024 akan membuat sebagian suara nahdliyin mengalir ke Ganjar Pranowo.

Klaim itu disampaikan politikus PDIP Deddy Yevri Sitorus. Dia beralasan, pemilih PKB yang didominasi oleh kalangan Nahdlatul Ulama (NU) akan berpindah mendukung Ganjar.

“Menurut saya justru sebaliknya, menurut saya pribadi keputusan PKB itu justru akan membuat limpahan suara dari kalangan Nahdliyyin kepada Ganjar Pranowo berpotensi membesar,” kata Deddy di Rumah Aspirasi Relawan Ganjar Pranowo, Jakarta Pusat, Sabtu (2/9/2023).

Keyakinan ini, kata Deddy lantaran sosok Ganjar yang terkenal religius dan memiliki hubungan baik dengan kalangan Nahdliyyin. Bahkan, dia diterima baik oleh para kiai NU.

Sekretaris Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres (TKRPP) menuturkan, istri Ganjar, Siti Atiqoh Supriyanti merupakan anak Akhmad Musodik Supriyadi.

Akhmad merupakan anak dari kiai di lingkungan Nahdlatul Ulama (NU) di Karanganyar, Purbalingga bernama KH Hisyam A Karim.

Baca juga: Ditinggal PKB Merapat ke Anies, Pengamat: Prabowo Kehilangan Jangkar Masuk Kelompok Islam Moderat

BERITA TERKAIT

“Mas Ganjar sangat religius bahkan istrinya juga anak dari kiai yang cukup dikenal di Jawa Tengah,” ungkap Deddy.

Karena itu, dia menilai, Ganjar sosok yang lengkap dan baik sebagai pribadi maupun pengalamannya di bidang pemerintahan.

Baca juga: Dimintai Tanggapan Soal Deklarasi Anies-Cak Imin di Surabaya, Prabowo: Disuruh Siapa Kamu? Hahaha

“Pernah jadi Anggota DPR dan Gubernur dua periode yang berarti menguasai benar masalah-masalah pemerintahan, anggaran, kebijakan publik dan birokrasi," tuturnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas