Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Malaysia Surati Indonesia Soal Karhutla, KLHK Nyatakan Tak Ada Asap yang Lintasi Batas Negara

Pasalnya lanjut Laksmi, jika terjadi asap lintas batas, maka satelit Himawari milik BMKG dan ASMC akan memberikan alert atau peringatan

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Malaysia Surati Indonesia Soal Karhutla, KLHK Nyatakan Tak Ada Asap yang Lintasi Batas Negara
Tribunnews.com/Danang Triatmojo
Konferensi pers 'Penanganan Karhutla' di Arborea Cafe Manggala Wanabakti, Kementerian LHK, Jakarta, Sabtu (7/10/2023) 

Laporan wartawan tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyatakan hingga hari ini, 7 Oktober 2023, tak ada asap kebakaran lahan di Sumatera Selatan, Jambi, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah yang melintasi batas negara terdekat seperti Malaysia.

Hal ini merujuk data pemantauan dari ASEAN Specialised Meteorological Centre (ASMC) yang berlokasi di Singapura, serta data milik Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).




Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim (PPI) KLHK, Laksmi Dewanti mengatakan pihaknya secara khusus memantau terjadinya kebakaran hutan pada minggu ke-4 bulan September 2023 yakni pada tanggal 26-28 hingga 7 Oktober. Hasil pemantauan dari data ASMC dan BMKG, menyatakan tak terdeteksi terjadinya asap lintas batas.

Baca juga: Indralaya Ogan Ilir Terdampak Kabut Asap, Warga: Mata Perih, Kami Terganggu

"Kita memantau khususnya sejak terjadinya kebakaran hutan yang cukup banyak pada minggu ke-4 bulan September kemarin, jadi 26-28 hingga hari ini, 7 Oktober tadi pagi jam 7, itu tidak terdeteksi adanya asap lintas batas," kata Laksmi dalam konferensi pers di Arborea Cafe Manggala Wanabakti, Kementerian LHK, Jakarta, Sabtu (7/10/2023).

KLHK mengatakan memang ada konsentrasi asap pekat pada lokasi terjadinya kebakaran hutan di daerah Sumatera Selatan, Jambi, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

Namun meski ada potensi asap lintas batas, tapi berdasarkan data, asap tersebut terpantau hanya berada di wilayah Indonesia.

BERITA TERKAIT

Pasalnya lanjut Laksmi, jika terjadi asap lintas batas, maka satelit Himawari milik BMKG dan ASMC akan memberikan alert atau peringatan untuk menginformasikan kejadian tersebut.

Baca juga: Kabut Asap di Palembang Ikut Berdampak ke Aktivitas Transportasi Air, Jarak Pandang Terbatas

"Ada potensi tapi memang berdasarkan data belum ada, karena itu pasti akan ada alert atau ada indikasi. Itu akan diinformasikan baik dengan Himawari maupun ASMC kapan asap lintas batas itu terjadi," ungkapnya.

"Jadi untuk menjaga konsistensi kita juga menggunakan sumber data yang sama untuk menyamakan bahwa sampai dengan tadi kita belum ada kejadian asap lintas batas," lanjut Laksmi.

Sebelumnya otoritas Malaysia mengirimkan surat ke Indonesia terkait asap kebakaran hutan Indonesia yang melintas di negaranya. Surat itu ditujukan kepada Menteri Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya Bakar.

Dalam surat itu Malaysia keberatan bahwa asap kebakaran hutan di Indonesia telah sampai di Malaysia. Kondisi ini disebut menimbulkan polusi udara di negeri Jiran.

Karena itu, Malaysia meminta Indonesia menangani secara serius kebakaran hutan dan lahan. Bahkan, Malaysia menawarkan bantuan untuk menangani kebakaran hutan, jika Indonesia membutuhkan.

"Benar. Pemerintah Malaysia sudah berkirim surat kepada Menteri Lingkungan Hidup Indonesia," kata Juru bicara Kemlu RI Lalu Muhammad Iqbal, Jumat (6/10/2023).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas