Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jaksa Agung Rotasi Sejumlah Pejabat, Kajati DKI Jakarta Dilantik Jadi Jamintel

Jaksa Agung, Sanitiar Burhanuddin kembali melakukan rotasi pejabat Eselon I dan Eselon II di lingkungan Kejaksaan Agung.

Penulis: Ashri Fadilla
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Jaksa Agung Rotasi Sejumlah Pejabat, Kajati DKI Jakarta Dilantik Jadi Jamintel
Puspenkum Kejaksaan Agung
Jaksa Agung, Sanitiar Burhanuddin. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ashri Fadilla

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jaksa Agung, Sanitiar Burhanuddin kembali melakukan rotasi pejabat Eselon I dan Eselon II di lingkungan Kejaksaan Agung.

Di antaranya, jabatan Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen (Jamintel) Kejaksaan Agung pada hari ini, Selasa (31/10/2023) resmi diduduki eks Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) DKI Jakarta, Reda Manthovani.




"Adapun pejabat yang dilantik pada Selasa 31 Oktober 2023, yaitu Reda Manthovani selaku Jaksa Agung Muda Intelijen," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Ketut Sumedana dalam keterangan persnya.

Sementara Jamintel yang sebelumnya, Amir Yanto disiapkan untuk menjadi Kepala Badan Perampasan Aset Kejaksaan RI begitu adanya Keputusan Presiden Joko Widodo.

"Jaksa Agung Muda Intelijen sebelumnya, Amir Yanto akan dilantik sebagai Kepala Badan Perampasan Aset Kejaksaan RI setelah diterbitkannya Keputusan Presiden tentang Pembentukan Badan Perampasan Aset Kejaksaan RI," katanya.

Baca juga: Tak Ingin Citra Negatif, Jaksa Agung Instruksikan Mitigasi Pemberitaan Negatif

Di bidang intelijen, Jaksa Agung Burhanuddin juga melantik mantan Kajati Sumatra Selatan, Sarjono Turin menjadi Sekretaris Jamintel.

BERITA TERKAIT

Kemudian ada pula mantan Direktur Penyidikan pada Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (Dirdik Jampidsus) yang juga eks Kajati Riau, Supardi dilantik sebagai Direktur Ekonomi dan Keuangan pada Jamintel.

"Sarjono Turin selaku Sekretaris Jaksa Agung Muda Intelijen. Supardi selaku Direktur Ekonomi dan Keuangan pada Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen," kata Ketut.

Kemudian dari bidang tindak pidana khusus (Pidsus), Jaksa Agung melantik dua direktur baru, yakni Pathor Rahman selaku Direktur Pelanggaran Hak Asasi Manusia Berat dan Jehezkiel Devy Sudarso selaku Direktur Upaya Hukum Luar Biasa, Eksekusi dan Eksaminasi.

Pada bidang tindak pidana umum (Pidum), ada tiga direktur yang dilantik pada hari ini, yakni: Nanang Ibrahim Soleh selaku Direktur Tindak Pidana Terhadap Orang dan Harta Benda, Agus Sahat Sampe Tua Lumban Gaol sebagai Direktur Tindak Pidana Terhadap Keamanan Negara dan Ketertiban Umum dan Tindak Pidana Umum Lainnya, dan Bambang Bachtiar selaku Direktur Tindak Pidana Narkotika dan Zat Adiktif Lainnya.

Baca juga: Mantan Jaksa Agung & Eks Jampidsus Masuk Tim Sukses Anies-Cak Imin, Siapa Sosok Kapten Timnas AMIN?

Adapun pada bidang perdata dan tata usaha negara (Datun), Jaksa Agung melantik Sila Haholongan sebagai Direktur Pertimbangan Hukum.

Sedangkan pada bidang pengawasan, Edyward Kaban dilantik sebagai Inspektur IV pada Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan (Jamwas).

Kemudian Heri Jerman juga turut dilantik sebagai Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Teknis Fungsional pada Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan RI pada hari yang sama.

Selain itu, ada enam Kepala Kejaksaan Tinggi yang baru dilantik, yakni:

  • Undang Mugopal selaku Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah
  • Rina Virawati selaku Kepala Kejaksaan Tinggi Bengkulu
  • Akmal Abbas selaku Kepala Kejaksaan Tinggi Riau
  • Agoes Soenanto Prasetyo selaku Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku
  • Bambang Gunawan selaku Kepala Kejaksaan Tinggi Nusa Tenggara Barat
  • Joko Purwanto selaku Kepala Kejaksaan Tinggi Aceh.
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas