Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Teguhkan Isi Deklarasi Djuanda, Peringatan Hari Nusantara Akan Dipusatkan di Tidore

Deklarasi Djuanda menyatakan, Indonesia menganut prinsip-prinsip negara kepulauan

Penulis: Nitis Hawaroh
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Teguhkan Isi Deklarasi Djuanda, Peringatan Hari Nusantara Akan Dipusatkan di Tidore
Tribunnews/Nitis Hawaroh
Menhub Budi Karya Sumadi di acara Peluncuran Logo Hari Nusantara, Senin (13/11/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi menunjuk Kementerian Perhubungan sebagai Ketua Pelaksana Penyelenggaraan Hari Nusantara 2023.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan, Peringatan Hari Nusantara menjadi momentum untuk mengingat kembali Deklarasi Djuanda.

Deklarasi Djuanda menyatakan, Indonesia menganut prinsip-prinsip negara kepulauan (Archipelagic State) yang pada saat itu mendapat pertentangan besar dari beberapa negara, sehingga laut-laut antarpulau pun merupakan wilayah Republik Indonesia dan bukan kawasan bebas.

Peringatan Hari Nusantara Tahun 2023 ini akan dipusatkan di Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara, \ 10 sampai 13 Desember 2023. Tema yang diangkat adalah Merajut Konektivitas Nusantara dan Ekonomi Maritim dari Titik Nol Jalur Rempah.

"Saya minta dukungan, apa yang akan dibuat di Tidore, menandai bahwa Hari Nusantara menjadi hari yang patut kita ingat sebagai upaya mempersatukan bangsa," ujar Budi Karya di Kantor Kemenhub, Senin (13/11/2023).

Tema ini diharapkan dapat kembali mengangkat posisi Tidore yang dikenal sebagai pusat rempah-rempah seperti cengkeh yang dituangkan lewat logo Hari Nusantara 2023.

BERITA TERKAIT

"Pada logo kita tampilkan bendera merah putih yang kita banggakan, lalu ada perahu yang identik dengan laut dan di Tidore ada perahu kora-kora. Lalu, ada pulau unik yang berbentuk gunung dan ombak menggambarkan negara kepulauan yang dikelilingi oleh laut," jelas Budi Karya.

Baca juga: Sejarah Deklarasi Djuanda 13 Desember 1957, Bukti Kedaulatan Indonesia sebagai Negara Kepulauan

Peringatan Hari Nusantara 2023 di Tidore akan diisi oleh serangkaian acara yang didukung oleh Pemerintah Daerah, TNI/Polri, dan masyarakat serta akan dihadiri Presiden Joko Widodo.

"Kita akan melaksanakannya pada 13 Desember 2023, namun akan dimulai sejak 10 Desember oleh Pemda yang akan mengundang para UMKM lokal, serta akan ada artis yang turut tampil memeriahkan peringatan acara," kata dia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas