Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pemerintah Akan Kirimkan Bantuan Kemanusiaan Rp22 Miliar ke Afghanistan

Bantuan pemerintah yang disiapkan melalui Dana Siap Pakai (DSP) BNPB senilai Rp 22.104.330.000.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Erik S
zoom-in Pemerintah Akan Kirimkan Bantuan Kemanusiaan Rp22 Miliar ke Afghanistan
AFP/MOHSEN KARIMI
Warga Afghanistan membersihkan puing-puing saat mereka mencari jasad korban di reruntuhan rumah yang rusak setelah gempa bumi di desa Kashkak, distrik Zendeh Jan di provinsi Herat pada 8 Oktober 2023. Jumlah korban tewas akibat serangkaian gempa bumi di Afghanistan barat meningkat tajam pada 8 Oktober menjadi lebih dari 2.000 orang, dengan hampir 10.000 orang terluka, ketika para petugas penyelamat menggali desa-desa yang rata dengan tanah untuk mencari tanda-tanda kehidupan yang hilang. Lebih dari 1.300 rumah roboh ketika gempa berkekuatan 6,3 skala Richter -yang diikuti oleh delapan gempa susulan yang kuat -mengguncang daerah yang sulit dijangkau, 30 kilometer (19 mil) barat laut ibu kota provinsi Herat, menurut para pejabat. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan Pemerintah Indonesia akan mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk korban gempa bumi di Afghanistan.

Bantuan pemerintah yang disiapkan melalui Dana Siap Pakai (DSP) BNPB senilai Rp 22.104.330.000.

"Pengiriman bantuan kemanusian bernilai strategis bagi Indonesia untuk menunjukkan komitmen kemanusiaan dan citra baik di mata Internasional. Hal ini juga sebagai soft diplomacy Indonesia ke negara-negara di Asia Tengah khususnya negara Afganistan," ujar Muhadjir melalui keterangan tertulis, Rabu (22/11/2023).

Baca juga: PBB: Sejak Dikuasai Taliban, Budidaya dan Produksi Opium Afghanistan Anjlok 95 Persen

Sesuai dengan permintaan dari Afghanistan, hanya akan dikirimkan bantuan berupa logistik.

Terdapat sebanyak 17 jenis barang logistik yang disiapkan dikirimkan, yaitu tenda pengungsi, tenda keluarga, genset, velbed, kasur lipat, peralatan kebersihan, selimut, jaket musim dingin, long john, perkakas tukang, pakaian dalam, kantung tidur penyaringan air bersih, lampu solar perlengkapan bertahan hidup, baju gamis, kebersihan wanita.

Muhadjir mengatakan pengiriman bantuan kemanusiaan akan dilakukan melalui BNPB dengan memperhatikan kebutuhan yang ada di lapangan dan akan dikoordinasikan antara Kemenlu, BNPB, Kemenkes, mengenai apa saja yang dibutuhkan korban bencana.

BERITA REKOMENDASI

"Pengiriman bantuan kemanusiaan juga melibatkan pihak-pihak instansi lain termasuk TNI, Polri dan Kementerian terkait plus partisipasi masyarakat organisasi filantrophy, organisasi masyarakat dan bantuan secara pribadi," ujarnya.

Selanjutnya, dalam hal pengiriman Tim Kemanusiaan agar mempertimbangkan posisi diplomatis Indonesia.

Mengingat saat ini, Indonesia hanya membuka Kantor Kuasa Usaha Ad Interim di Afganistan.

Kemudian, pihak ketiga sebagai lembaga penyalur bantuan bisa melalui UN OCHA atau Afganistan Red Cross.

Baca juga: Gempa Afghanistan: Sejumlah pria menolak menyentuh perempuan yang terluka atau meninggal

"TNI dan Polri akan mengkoordinir juga bantuan dan telah menyiapkan fasilitas Alustista serta personilnya, menunggu arahan Pak Presiden," ucap Muhadjir.

Seperti diketahui, gempa berkekuatan 6,3 Magnitudo melanda Negara Afghanistan yang terjadi pada rentang 7 dan 15 Oktober 2023 silam.

Situasi terkini sebanyak 1.480 orang meninggal dunia, 19.50 orang luka-luka, serta 43.00 orang tedampak langsung akibat gempa. Sekitar 114.00 orang di antaranya membutuhkan bantuan darurat.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas