Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Butet Kartaredjasa Klaim Diintimidasi Polisi, Dibantah Penyelenggara, Kadiv Humas Polri Buka Suara

Seniman Butet Kartaredjasa mengakui mendapat intimidasi saat melakukan pentas teater di Taman Ismail Marzuki, namun dibantah pihak penyelenggara.

Penulis: garudea prabawati
Editor: Febri Prasetyo
zoom-in Butet Kartaredjasa Klaim Diintimidasi Polisi, Dibantah Penyelenggara, Kadiv Humas Polri Buka Suara
tribunnews.com/ Fauzi Nur Alamsyah
ILUSTRASI Butet Kartaredjasa. Seniman Butet Kertaredjasa mengakui mendapat intimidasi saat melakukan pentas teater di Taman Ismail Marzuki, namun dibantah pihak penyelenggara. 

TRIBUNNEWS.COM - Butet Kartaredjasa mengklaim mendapat intimidasi dari polisi saat pentas teater Musuh Bebuyutan di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jumat (1/12/2023).

Butet Kartaredjasa mengaku diintimidasi pihak kepolisian perihal perizinan, dan menurut pengakuannya aparat kepolisian memintanya menandatangani surat pernyataan untuk tidak berbicara politik dalam pentas teater tersebut.

Namun, klaim Butet itu pun langsung dibantah oleh pihak penyelenggara pementasan, yakni Kayan Production.




Indah, Sekretariat Kayan Production, mengatakan bahwa sebelumnya segala proses perizinan sudah dia urus langsung di kepolisian.

“Hanya mau menyampaikan bahwa saya memang yang melakukan pengurusan terkait surat-surat perizinan ke kepolisian. Lalu tidak ada intimidasi dalam penandatanganan surat tersebut,” kata Indah di Jakarta, Selasa (5/12/23), mengutip TribunJakarta.com.

Perwakilan Kayan Production, Indah, memberikan pernyataan perihal kabar seniman Butet Kartaredjasa diintimidasi polisi, di Taman Ismail Marzuki atau TIM, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (5/12/2023).
Perwakilan Kayan Production, Indah, memberikan pernyataan perihal kabar seniman Butet Kartaredjasa diintimidasi polisi, di Taman Ismail Marzuki atau TIM, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (5/12/2023). (Tribunnews.com/Abdi Ryanda Shakti)
Baca juga: Petani Kulon Progo Curhat ke Istri Ganjar soal Harga Bahan Pokok hingga Tambang

Sementara itu, Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho Sandi menanggapi soal klaim Butet, dia meminta Butet melaporkan polisi yang melakukan intimidasi.

Irjen Sandi juga meminta agar pihak-pihak terkait tidak memberikan persepsi liar tanpa bukti.

BERITA TERKAIT

"Apabila ada oknum yang tidak sejalan silakan dilaporkan. Jadi kita tidak usah berpersepsi, tidak usah berandai," ungkapnya

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro menambahkan bahwa pihak kepolisian memang selalu melakukan pengamanan dalam setiap acara pentas budaya di TIM.

Begitu juga acara yang melibatkan capres-cawapres di TIM pun tetap mendapat pengamanan.

Kapolres memastikan terhadap aktor maupun materi acara pihaknya tidak pernah campur tangan.

Menurut dia, personel yang dikerahkan untuk pengamanan hanya berkoordinasi dengan penyelenggara acara terkait dengan izin, dengan satpam terkait pengamanan, dan pengaturan lalu lintas jika diperlukan.

“Kegiatan-kegiatan masyarakat di wilayah Jakarta Pusat, baik itu berupa seni budaya dan sebagainya, tentunya kami harus menjamin bahwa kegiatan tersebut berlangsung dengan aman,” kata Kapolres.

Mahfid MD Ikut Menanggapi

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD (Tribunnews.com/Rahmat W. Nugraha)

Baca juga: Mahfud MD Buka Suara soal Dugaan Butet Kartaredjasa Diintimidasi 

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas